Dark/Light Mode

Innalillahi! Ajudan Presiden Soeharto, Letjen TNI R. Soeyono Soetikno Tutup Usia

Rabu, 31 Januari 2024 11:52 WIB
Letnan Jenderal TNI Purn. R. Soeyono Soetikno. (Foto: Ist)
Letnan Jenderal TNI Purn. R. Soeyono Soetikno. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Innalillahi wa inna ilaihi raji'un. Letnan Jenderal TNI (Purn.) R. Soeyono Soetikno, meninggal dunia dini hari tadi, di Rumah Sakit Eka Hospital Cibubur.

Ia meninggal dunia pada usia 80 tahun. Sosok yang pernah dipercaya menjadi ajudan presiden Soeharto ini menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 02:38 WIB.

Baca juga : Innalillahi, Mantan Menteri Pertambangan Kuntoro Mangkusubroto Tutup Usia

Dari informasi yang diterima RM.ID, jenazah almarhum akan ditempatkan di rumah duka purnawirawan TNI di RSPAD dan dijadwalkan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah shalat dzuhur.

Semasa hidupnya, Almarhum juga dikenal sebagai tokoh militer yang mengemban berbagai jabatan prestisius. 

Baca juga : Innalillahi, Budayawan Betawi Ridwan Saidi Meninggal Dunia

Letjen Soeyono pernah mengemban posisi Pangdam IV/Diponegoro periode 1993-1995. Lalu naik lagi ke posisi Kepala Staf Umum (Kasum) Angkatan Bersenjatan Republik Indonesia (ABRI) tahun 1995-1996 dan terakhir menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) tahun 1996-1998.

Sebelum mengemban sejumlah posisi penting itu, karir Letjen Soeyono di TNI dimulai dari posisi Danyonif 201/Jaya Yudha, baru kemudian dipercaya menjadi ajudan Presiden Soeharto.

Baca juga : Piala Presiden Esports 2022, Catatkan 80 Ribu Peserta, Ditonton 50 Juta Jam

Selanjutnya, karirnya melesat menjadi Waaspam Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), lalu Wadanpussenif Kodiklat TNI AD dan Kasdam II/Sriwijaya.

Selamat jalan Jenderal! Semoga husnul khatimah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.