Dark/Light Mode

Ingin Coblosan Jujur Dan Adil, Dewan Guru Besar UI Siap Kawal Pemilu 2024

Jumat, 2 Februari 2024 14:36 WIB
Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI). (Foto: Dok UI)
Gedung Rektorat Universitas Indonesia (UI). (Foto: Dok UI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) menyatakan siap mengawal pemilu yang langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil. Pernyataan sikap tersebut disampaikan untuk menanggapi situasi politik jelang Pemilu 2024

Deklarasi tersebut dibacakan di depan Gedung Rektorat UI, Jumat (2/2/2024). Deklarasi ini mereka sampaikan bertepatan dengan ulang tahun UI yang ke-74.

Baca juga : Kaesang Ingatkan Peran Penting Relawan Di Pemilu 2024

Ketua Dewan Guru Besar UI, Prof Harkristuti Harkrisnowo mengatakan, saat ini mereka melihat ada rakyat yang diintimasi lantaran mendukung calon yang berbeda. "Saya kira sudah saatnya kita semua, alumni UI dan juga spirit dari Akademi UI bersuara," kata Harkristuti, dalam keterangan tertulis, Jumat (2/2/2024). 

Harkristuti menambahkan, Dewan Guru Besar UI berkomitmen mengawal jalannya Pemilu. Kata dia, pihaknya juga telah berkomunikasi dengan Majelis Dewan Guru Besar Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). "Kami telah mencanangkan akan melakukan pengawalan terhadap Pemilu jujur dan adil pada 2 bulan yang lalu. Jadi kami akan melanjutkan apa yang sudah diikrarkan pada saat itu bersama-sama seluruh PTNBH di seluruh Indonesia. Kami masing-masing akademi maupun bersama-sama juga akan terus mengawal untuk memastikan pemilu berlangsung luber," tutur Harkristuti.

Baca juga : IPR Sebut Ada Resiko Besar Jika TNI-Polri Tidak Netral Di Pemilu

Pernyataan serupa disampaikan Guru besar Antropologi dan Ketua Program Pascasarjana Universitas Indonesia (UI) Prof Sulistyowati Irianto. Menurut dia, UI memiliki jejak panjang dalam peta berdirinya Indonesia, dan senantiasa menyuarakan kebenaran demi kepentingan rakyat. Salah satunya melalui keterlibatan Rektor UI, Supomo, yang adalah juga salah seorang pendiri bangsa.

Dia menjelaskan, Supomo secara khusus menyampaikan mandat kepada sivitas akademika Universitas Indonesia kita harus merebut kembali zaman kejayaan Sriwijaya yang menjadi pusat ilmu pengetahuan dunia. 

Baca juga : Pentingnya Peran Parpol Dalam Sosialisasi Program Kampanye Sehat Di Pemilu 2024

"Karena itu jangan rusak Indonesia hanya untuk kepentingan politik sesaat hanya untuk mementingkan kepentingan nepotisme keluarga," ujar Sulis. 

Dia mengungkapkan, sivitas akademika UI tidak akan tinggal diam dan akan terus mengawasi jalannya Pemilu 2024 agar berjalan secara jujur dan adil, tanpa ada tekanan atau intimidasi. "Kami tidak akan tinggal diam kami civitas Akademi UI akan terus mengawasi apa yang terjadi di luar sana terima kasih," kata Sulis. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.