Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian Jadi Plt Menko Polhukam

Jumat, 2 Februari 2024 14:44 WIB
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Humas Kemendagri)
Mendagri Tito Karnavian (Foto: Humas Kemendagri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan surat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/P Tahun 2024, yang berisi pemberhentian dengan hormat Mahfud MD dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Presiden Jokowi kemudian menunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas (Plt) Menko Polhukam.

Mantan Kapolri itu akan menjalankan tugas itu sampai Kepala Negara menunjuk Menko Polhukam definitif.

Baca juga : Bertemu Jokowi 10 Menit, Mahfud Cerita Disebut Sebagai Menko Polhukam Terlama

"Penunjukan Bapak Tito Karnavian sebagai pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab Menko Polhukam Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024 sampai adanya Menko Polhukam definitif," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana kepada wartawan, Jumat (2/2/2024).

Sebelumnya, Mahfud MD menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Menko Polhukam kepada Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup selama sekitar 10 menit itu, Presiden Jokowi ditemani Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

Baca juga : Mahfud Temui Jokowi Sore Ini Serahkan Surat Pengunduran Diri Dari Menko Polhukam

Mahfud mengungkapkan, surat yang diserahkan kepada Presiden Jokowi itu berisi tiga hal.

Pertama, Mahfud menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah menunjuk dan melantik dirinya sebagai Menko Polhukam pada 23 Oktober 2019.

Lalu, poin kedua surat itu menegaskan permohonan berhenti sebagai Menko Polhukam.

Baca juga : Kementerian BUMN Tunjuk Wiko Migantoro Jadi Wadirut Pertamina

Sementara yang ketiga, eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga meminta maaf kepada Presiden Jokowi jika terdapat masalah-masalah yang dilakukannya selama menjabat Menko Polhukam.

"Alhamdulillah Bapak Presiden sama dengan saya. Kita bicara dari hati ke hati dan penuh kekeluargaan dan sama-sama tersenyum. Tidak ada ketegangan, kita tersenyum gembira bercerita masa lalu ketika kita mulai bekerja," kisah Mahfud, Kamis (1/2/2024).

"Presiden menyatakan, Pak Mahfud adalah Menko Polhukam terlama dalam sepanjang pemerintahan Pak Jokowi karena dulu, Pak Tedjo Edi tidak sampai setahun, lalu Pak Luhut satu tahun empat bulan. Lalu Pak Wiranto tiga tahun setengah lewat dua bulan. Saya hampir empat tahun setengah," lanjutnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.