Dark/Light Mode

Kasus Korupsi Dan Pencucian Uang

Rumah SYL Disita, Anaknya Diperiksa

Sabtu, 3 Februari 2024 07:25 WIB
Rumah Syahrul Yasin Limpo di Jaksel yang disita KPK. (Foto: KPK)
Rumah Syahrul Yasin Limpo di Jaksel yang disita KPK. (Foto: KPK)

 Sebelumnya 
Menurutnya, pertemuan dengan SYL dan jajarannya berkaitan dengan tugas lembaga yang dipimpinnya. “Kita memberikan neraca komoditas, menghi­tung sama-sama, tapi tidak ada hubungan antara Badan Pangan dengan Kementerian Pertanian dalam struktur ya karena sudah terpisah,” tandasnya

Arief menegaskan, secara kelembagaan, tugas pokok dan fungsi Kementan dan Bapanas, terpisah. “Enggak ada (setoran dana ke Kementan) karena kan institusi terpisah,” tegasnya.

Baca juga : Usut Pencucian Uang, KPK Sita Rumah SYL Di Jaksel

SYL ditetapkan tersangka sejak 13 Oktober 2023. Dia lalu ditahan bersama-sama tersangka Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan, Muhammad Hatta.

KPK lebih dulu menahan tersangka Sekretaris Jenderal Kementan, Kasdi Subagyono pada 11 Oktober 2023.

Baca juga : Duit Rp 127 Miliar Disimpan Di Brankas Rumah Gandaria

Perkara dugaan korupsi Kementan ini bermula saat SYL menjabat Mentan pada 2019-2024. SYL dituduh membuat kebijakan personal. Antara lain, melakukan pungutan hingga menerima setoran dari aparat sipil negara (ASN) di lingkungan Kementan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, termasuk keluarga.

Kebijakan SYL untuk memungut hingga menerima setoran tersebut berlangsung mulai 2020 hingga 2023. SYL menginstruksikan, Kasdi dan Muhammad Hatta melakukan pe­narikan sejumlah uang dari unit eselon I dan II. Dalam bentuk penyerahan tunai, transfer rek­ening bank hingga pemberian dalam bentuk barang maupun jasa.

Baca juga : KPK Taksir Kerugian Negara Rp 625 Miliar

Atas arahan SYL, tersangka KS dan MH memerintahkan bawahannya untuk mengumpulkan sejumlah uang di lingkup eselon I, yakni para direktur jenderal, kepala badan, hingga sekretaris masing-masing eselon I dengan besaran yang telah ditentu­kan SYL, antara 4.000 dolar Amerika sampai 10.000 dolar Amerika.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 3 Februari 2024 dengan judul Kasus Korupsi Dan Pencucian Uang, Rumah SYL Disita, Anaknya Diperiksa

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.