Dark/Light Mode

Kolaborasi BAZNAS Mengantar Bahagia Ke Pantai Bahagia

Minggu, 4 Februari 2024 22:00 WIB
BAZNAS raih piala Global Islamic Finance Award 2023, penghargaan level internasional bergengsi bagi dunia keuangan Islam, di Dakar, Senegal, Kamis malam, 14 September 2023. [Foto: Dok BAZNAS]
BAZNAS raih piala Global Islamic Finance Award 2023, penghargaan level internasional bergengsi bagi dunia keuangan Islam, di Dakar, Senegal, Kamis malam, 14 September 2023. [Foto: Dok BAZNAS]

 Sebelumnya 
Kedatangan tim Pelayanan Kesehatan gratis ini, aku Alfia, jelas sangat membantu warga di desanya tersebut. Karena selama ini, warga Desa pantai Bahagia memang mengalami kesulitan akses transportasi. Termasuk untuk bisa mencapai rumah sakit untuk berobat. Bahkan biasanya harus dengan men-charter mobil. sehingga memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Jangankan transportasi online, seperti umumnya di Jabodetabek. Jenis layanan angkutan perkotaan (angkot) pun tidak tersedia di wilayah ini. “Dengan datangnya tim pelayanan kesehatan seperti ini, ini top deh! Mantap! Cocok untuk masyarakat di sini, Pak!,” katanya, sambil tersenyum.

Terkait kondisi kesehatan warga Desa Pantai Bahagia ini, menurut dr Dodo, Tenaga Kesehatan Rumah Sehat Baznas mengungkapkan, umumnya karena para pasien di sini usianya rata-rata 40-an tahun ke atas, jadi jenis penyakit mereka umumnya adalah jenis penyakit metabolik, seperti hipertensi dan diabetes.

Baca juga : Gibran Ingin Berikan Banyak Panggung Bagi Musisi Lokal

“Ini termasuk kronis. Mestinya mereka sudah harus bisa melakukan kontrol secara rutin Tapi sayangnya, fasilitas kesehatannya memang sulit dijangkau,” jelasnya.

Sementara Corporate Secretary JALIN, Eni Suhartanti menjelaskan, fokus layanan kolaborasi dengan BAZNAS selain layanan kesehatan, juga untuk memberikan wawasan literasi dari sisi keuangan.

Karena PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) ini sejatinya merupakan perusahaan berbasis teknologi layanan keuangan, yang mengelola integrasi jaringan ATM BUMN terbesar, dan tersebar di seluruh Indonesia melalui ATM Link.

Baca juga : Konsolidasi Pemenangan Prabowo Gibran, INKUD Bagikan Bantuan Genset Di JatengĀ 

Sebagai informasi, Jalin didirikan pada 2016 atas inisiatif bersama Kementerian BUMN, Himbara (Bank Mandiri, BNI, BRI, dan BTN) serta PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Pada 2019, kepemilikan saham mayoritas Jalin beralih kepada PT Danareksa (Persero).

Saat ini, Jalin tercatat memiliki 42 member yang berasal dari industri perbankan dan fintech di Tanah Air. Jalin juga tergabung dalam anggota Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI), sekaligus sebagai salah satu pemegang saham PT Penyelesaian Transaksi Elektronik Nasional (PT PTEN) yang berperan sebagai Lembaga Services bagi GPN.

Namun Eni menekankan juga, bahwa sebagaimana diketahui semua pihak, salah satu kebutuhan dasar masyarakat atau pun individu adalah adanya layanan kesehatan. Dengan adanya layanan kesehatan yang cukup dan baik, ujarnya, tentu akan bisa meningkatkan daya saing masyarakat. Termasuk juga akan bisa membantu meningkatkan skill competency.

Baca juga : Dolar AS Terkoreksi, Pagi Ini Rupiah Melesat

“Karena ketika masyarakatnya sehat, tentu Insya Allah, kinerjanya juga akan bisa meningkat,” harap Eni.

Mengenai alasannya dipilihnya kawasan pesisir, lanjut Eni, karena biasanya, termasuk kawasan pesisir Desa Pantai Bahagia ini memang kurang terjangkau oleh akses kesehatan. “Jadi yang dilakukan oleh Jalin ini, ingin memberikan dampak langsung secara sosial, di tengah masyarakat,” pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.