Dark/Light Mode

Mulai Ada Yang Rayu PDIP Gabung Prabowo

Sabtu, 17 Februari 2024 08:50 WIB
Bu­diman Sudjatmiko. (Foto: Istimewa)
Bu­diman Sudjatmiko. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PDIP menyatakan siap jadi oposisi jika Prabowo Subianto menang Pilpres. Namun, baru sehari pernyataan itu disampaikan, sudah ada yang merayu agar PDIP gabung ke Prabowo. Kira-kira, Bu Mega mau atau tidak ya PDIP gabung dengan Prabowo?

Hasil hitung cepat menunjukkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka keluar sebagai pemenang dengan perolehan 57 persen. Sementara paslon yang diusung PDIP, Ganjar-Mahfud, tercecer di posisi buncit dengan perolehan 17 persen.

Menanggapi hasil tersebut, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya siap jadi oposisi. Menurut dia, menjadi oposisi adalah tugas patriotik yang juga terhormat. "Kami siap berjuang di luar pemerintahan dan parlemen, untuk menjalankan tugas check and balance," kata Hasto, dalam keterangan tertulis, Kamis (15/2/2024).

Baca juga : Hendri Satrio di Podcast Ngegas RM: Yang Teriak Curang Cuma Relawan

Baru sehari pernyataan itu disampaikan, sudah ada yang merayu agar PDIP bergabung dengan Prabowo. Rayuan itu disampaikan oleh Bu­diman Sudjatmiko, eks politisi PDIP yang kini merapat ke Prabowo. ­

Budiman mengatakan, Prabowo akan merangkul semua parpol jika menang Pilpres, termasuk PDIP yang sudah bicara soal oposisi. Eks aktivis 98 ini mengatakan, Hasto memang sudah bicara soal oposisi.

Namun menurut dia, sampai saat ini PDIP belum menyampaikan sikap resmi apakah menjadi oposisi atau tidak. Bisa jadi, kata dia, di Kongres PDIP, partai yang dinahkodai Mega­wati Soekarnoputri itu menyampaikan sikap yang berbeda.

Baca juga : Muncul Setelah Pilpres, Gosip Reshuffle Dipatahkan Pratikno

"Siapa yang tahu nanti (apa kepu­tusannya)," kata Budiman, Jumat (16/2/2024).

Mungkin saja, kata dia, setelah me­lihat situasi dan kondisi, serta melihat kepentingan yang lebih besar, PDIP akan berubah sikap. "Siapa yang tahu dalam kongres tahun depan PDIP bisa memutuskan bergabung, gitu kira-kira," ujarnya

Meski demikian, lanjut Budiman, Prabowo tidak akan mencampuri urusan internal PDIP.

Baca juga : Diajak Ngopi Oleh Gibran, 01 Dan 03 Bilang Tidak Sekarang

Rayuan Budiman tersebut tak bikin PDIP melunak. Politisi senior PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan, dari dulu partainya selalu konsisten dengan mandat yang diberikan rakyat. Kata dia, Budiman boleh saja berspe­kulasi tentang perpolitikan Indonesia ke depan.

"Namun, bila yang dipertaruhkan menyangkut hal mendasar, seperti mandat konstitusi, saya mencermati ciri yang melekat pada PDIP adalah sikapnya yang selalu konsisten," kata Hendrawan kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Hendrawan menilai, wajar Budiman menyampaikan rayuan karena hanya melihat dari sudut pandang untung rugi. Padahal, kata dia, dalam politik itu bukan cuma soal perhitungan ele­ktoral atau untung rugi secara politis. Ada yang lebih penting yang diper­juangkan dalam politik yaitu menjaga amanat konstitusi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.