Dark/Light Mode

Profil Syafiq Riza Basalamah, Yang Pengajiannya Dibubarkan Banser Tadi Malam

Jumat, 23 Februari 2024 15:45 WIB
Ustaz Syafiq Riza Basalamah. (Foto: Instagram/syafiqrizabasalamah_official)
Ustaz Syafiq Riza Basalamah. (Foto: Instagram/syafiqrizabasalamah_official)

RM.id  Rakyat Merdeka - Nama Ustaz Riza Basalamah viral setelah insiden pengajiannya dibubarkan oleh Banser dan GP Ansor Gunung Anyar di Masjid As Salam, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (22/2) malam.

Pembubaran pengajian Ustaz Syafiq Riza Basaamah itu sempat berlangsung ricuh. Perdebatan dan aksi saling dorong pun terjadi antara panitia pengajian dengan Banser dan GP Ansor. Untung, kericuhan akhirnya dapat diredam oleh petugas kepolisian.

Ketua PAC GP Ansor Gunung Anyar Surabaya, Asyiqun Nahdli beralasan penolakan terhadap Ustaz Syafiq itu dilakukan karena kajiannya terindikasi radikal.

Sementara, kata dia, wilayah Gunung Anyar merupakan lumbung pesantren dan gudangnya ulama dengan karakter nahdliyin.

Di sisi lain, Ustaz Riza Basalamah lewat rekaman video di akun Instagramnya meminta para jemaah bersabar, berbaik sangka dan tidak terpancing emosi. Ia mendoakan agar pihak-pihak yang mungkin belum paham mendapat hidayah dari Allah.

Baca juga : Bahas Pemilu Dan Masalah Bangsa, Mega-JK Diwacanakan Akan Bertemu

Siapa sebenarnya Ustaz Riza Basalamah ini? Berikut profil singkatnya:

Ustaz Riza Basalamah, atau lengkapnya Syafiq Riza Hasan Basalamah, merupakan seorang pendakwah yang lahir di Jember, Jawa Timur, pada 15 Desember 1977. 

Ia adalah seorang ustaz beraliran salafi, dosen, dan penulis yang dikenal luas berkat video ceramahnya yang kerap diunggah melalui media sosial.

1. Silsilah Keluarga

Ustaz Riza Basalamah memiliki marga Basalamah yang berasal dari Arab Hadramaut, Yaman. 

Baca juga : Profil Hadi Tjahjanto, Sosok Yang Dikabarkan Dilantik Jadi Menko Polhukam Besok

Kakek buyutnya, Salim bin Zaid Basalamah, hijrah dari Yaman ke Padang, Sumatera Barat, pada awal abad ke-20. Meski Salim wafat dan dikuburkan di Padang, anak keturunannya kini tinggal di Jakarta.

2. Pendidikan

Ustaz Riza Basalamah merupakan lulusan Pesantren Al-Irsyad Al-Islamiyyah di Bondowoso. 

Setelah menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA di pondok pesantren tersebut, beliau melanjutkan studi di Jakarta dan menempuh pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Islam Madinah, lulus dengan predikat cumlaude.

3. Karier Akademisi

Baca juga : Ketua Presidium Relawan Gibran: Terima Kasih Masyarakat

Selain aktif sebagai pendakwah, Ustaz Riza Basalamah juga menjadi dosen di Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi'i Jember sejak tahun 2016. 

Ia juga mengajar berbagai mata kuliah, termasuk metode dakwah, akhlak islamiyah, dan sirah nabawiyah.

4. Daftar Karya Tulis

Ustaz Riza Basalamah tidak hanya aktif dalam ceramah dan pengajaran, tetapi juga telah menerbitkan beberapa karya tulis, seperti "جهود الشيخ أحمد السوركتي في الدعوة إلى الله في إندونيسيا" dan "Andai Aku Tidak Menikah Dengannya."

Karya lainnya antara lain: Rumahku Masih Ngontrak, Mimpi Bertemu Nabi, Bersama Keluarga Masuk Surga, dan Berbekal Setengah Isi Setengah Kosong.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.