Dark/Light Mode

30 Ribu Tiket Lebaran Ludes Terjual, KAI Janji Tambah Perjalanan Kereta Api

Jumat, 23 Februari 2024 16:10 WIB
Penumpang Kereta Api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa 2/1/2024. PT KAI Daop 1 Jakarta menyebut puncak arus balik libur Natal 2023 dan tahun Baru 2024 terjadi selama 2 hari yakni tanggal 1 dan 2 Januari 2024 mengalami peningkatan sekitar 43.700-an penumpang yang tiba di Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Penumpang Kereta Api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa 2/1/2024. PT KAI Daop 1 Jakarta menyebut puncak arus balik libur Natal 2023 dan tahun Baru 2024 terjadi selama 2 hari yakni tanggal 1 dan 2 Januari 2024 mengalami peningkatan sekitar 43.700-an penumpang yang tiba di Jakarta melalui Stasiun Pasar Senen. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI akan menambah perjalanan kereta api untuk mengakomodasi lonjakan permintaan masyarakat pada periode Angkutan Lebaran 2024.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus menjelaskan, sejumlah perjalanan kereta api okupansinya telah mencapai 100 persen untuk keberangkatan dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur) pada hari-hari tertentu menjelang hari-H Lebaran.

Rute favorit masyarakat pada periode Angkutan Lebaran tahun ini adalah Jakarta - Surabaya, Jakarta - Solo, Bandung - Blitar, Jakarta - Purwokerto, dan Jakarta - Malang.

Penjualan Tiket Lebaran

Baca juga : Bantu Nelayan Pesisir Jakarta, Anak Usaha Pelindo Beri Bantuan Keramba Apung

Masyarakat sudah dapat memesan tiket kereta api untuk keberangkatan masa Angkutan Lebaran H-3 (7 April 2024) sejak 22 Februari 2024.

Jam berapa tiket kereta online dibuka? Pemesanan tiket kereta api secara online sudah dibuka sejak pukul 00.00 WIB, Kamis (22/2) lalu.

Sebanyak 30.637 tiket atau 28 persen dari total keseluruhan yang dijual untuk keberangkatan pada hari tersebut telah terjual.

Baca juga : RI Jadi Negara Pertama Kandidat Anggota OECD

"Dominasi pemesanan pada periode tersebut adalah tiket KA dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur)," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, dilansir InfoPublik, Jumat (23/2).

Pada hari ini, 23 Februari 2024, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan kereta api pada masa angkutan Lebaran H-2 atau 8 April 2024 yang merupakan hari favorit bagi pemudik.

Inovasi KAI

KAI terus melakukan inovasi terbaru untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang, salah satunya dengan menerapkan sistem antrean saat pembelian tiket kereta api jarak jauh.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Keuangan, BNI dan OJK Ajak Pelajar Kenali Program SiMuda

Fitur sistem antrean atau waiting room di aplikasi Access by KAI dan website booking.kai.id ini membantu memastikan bahwa website dan aplikasi KAI tetap stabil dan pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur.

Tarif Tiket Kereta Api

Tarif tiket kereta api di periode Angkutan Lebaran tetap mengacu pada ketentuan Tarif Batas Bawah (TBB) - Tarif Batas Atas (TBA) untuk kereta api yang termasuk dalam KA Komersial.

Adapun harga tiket untuk KA Public Service Obligation (PSO) atau yang mendapat subsidi, tarifnya selalu tetap sesuai dengan tarif yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.