Dark/Light Mode

Kemenag Tunda Pengumuman Hasil Seleksi PPIH Arab Saudi 2024 Besok, Ini Alasannya

Minggu, 25 Februari 2024 16:18 WIB
Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie. (Foto: Kemenag)
Juru Bicara Kementerian Agama Anna Hasbie. (Foto: Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengumuman hasil seleksi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M tingkat pusat, yang semula dijadwalkan besok, (26/2) mengalami penundaan. 

Juru Bicara Kementerian Agama, Anna Hasbie, menjelaskan bahwa penundaan tersebut disebabkan oleh sejumlah persiapan yang masih perlu diselesaikan.

"Ini khusus untuk PPIH Arab Saudi atau petugas non kloter yang tidak mendampingi langsung jemaah haji," kata Anna Hasbie, dilansir laman Kemenag.

Hasil seleksi PPIH ini sedianya diumumkan besok, yakni Senin (26/2/2024). 

Baca juga : Rencana Israel Serang Rafah Ditentang Jerman, Ini Alasannya

Seleksi PPIH Arab Saudi tingkat pusat dimulai dengan proses pendaftaran dan seleksi berkas pada tanggal 11-19 Januari 2024.

Pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps Kementerian Agama. Peserta yang lolos verifikasi berkas kemudian mengikuti seleksi Computer Assisted Test (CAT) dan wawancara di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, pada 25 Januari 2024.

"Pengumuman hasil seleksi ini akan diinformasikan kemudian," jelas Anna Hasbie.

Sementara itu, untuk petugas kloter, Anna menyatakan bahwa mereka saat ini sudah mulai mengikuti bimbingan teknis (bimtek). Program ini diselenggarakan oleh masing-masing Embarkasi Haji.

Baca juga : Pertamina Umumkan Jajaran Direksi Baru Pertamina NRE, Ini Daftarnya

"Bimtek petugas kloter sudah mulai berjalan di masing-masing embarkasi haji dari 19 Februari - 4 Maret 2024. Mereka disiapkan untuk menjadi petugas profesional sehingga bisa memberikan layanan terbaik kepada jemaah," ungkap Anna.

"Tahun ini, Kemenag masih mengusung semangat Haji Ramah Lansia," sambungnya.

Selain Bimtek Petugas Kloter, Ditjen PHU terus melakukan beragam persiapan penyelenggaraan ibadah haji. Di dalam negeri, pelunasan tahap I telah ditutup pada 23 Februari 2024, dengan total 200.601 jemaah reguler yang telah melunasi biaya haji.

"Masih terdapat sisa kuota, sehingga dibuka pelunasan tahap II pada 13 – 26 Maret 2024,” kata Anna Hasbie.

Baca juga : SIM Keliling Tangerang Kota Selasa 20 Februari, Hadir di 2 Lokasi

Di luar negeri, Tim Ditjen PHU sedang bekerja keras dalam persiapan layanan bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, mencakup layanan konsumsi, transportasi, dan akomodasi. 

Tim ini juga tengah menggelar seleksi mahasiswa/mukimin di Timur Tengah/Arab Saudi.

"Saat ini juga sedang digelar seleksi mahasiswa atau mukimin di timur tengah atau Arab Saudi," tandas Anna Hasbie.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.