Dark/Light Mode

Seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 2024 Segera Dibuka, Tes 20 Februari

Jumat, 2 Februari 2024 08:22 WIB
Dirjen PHU Kementerian Agama Hilman Latief  (Foto: Humas Kemenag)
Dirjen PHU Kementerian Agama Hilman Latief (Foto: Humas Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Agama, akan segera menggelar seleksi untuk tenaga pendukung Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Skema penyelenggaraannya dibahas bersama dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Rekrutmen Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi 1445 H/2024 M.

Rakor yang digelar secara daring ini diikuti Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat, Kasubdit Bina Petugas Haji Hanif, Kasubdit Data dan Sihdu Hasan Affandi, Perwakilan KBRI negara-negara di Timur Tengah (Saudi Arabia, Mesir, Yordania, Tunisia, Maroko, Yaman, UEA, Syria, Libya, Libanon), serta pengurus Persatuan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia (PPMI) negara-negara di Timur Tengah.

"Kita akan segera laksanakan seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi. Insya Allah, pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat ini, pada awal Februari 2024,” kata Dirjen PHU Hilman Latief di Jakarta, Selasa (30/1/2024).

Baca juga : Bagi Pendatang Baru, Pintunya Terbuka Lebar

Perlu diketahui, tenaga pendukung PPIH Arab Saudi termasuk unsur petugas yang sudah tercantum dalam Undang-undang Nomor 8 Tahun 2019 dan bertugas di Arab Saudi.

Tenaga pendukung ini terdiri dari para mahasiswa Indonesia yang kuliah di sejumlah perguruan tinggi di negara Timur Tengah, serta warga negara Indonesia (WNI) di Arab Saudi.

Seleksi Tenaga Pendukung PPIH Arab Saudi akan dilakukan secara transparan dan akuntabel. Tujuan seleksi untuk memilih para petugas yang profesional dan berkompeten,” ujar Hilman Latief.

Terkait hal tersebut, Direktur Bina Haji Arsad Hidayat menuturkan, pihaknya sengaja menggelar rapat koordinasi dengan perwakilan KBRI dan PPMI di masing-masing negara Timur Tengah, untuk memastikan proses rekrutmen berjalan dengan baik.

Baca juga : Penyumbang Dana Kampanye Nggak Bakal Dibuka Ke Publik

Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui Pusaka Superapps dengan menu Pendaftaran Petugas Haji.

“Pendaftaran segera dibuka. Insya Allah, tes akan digelar pada 20 Februari 2024,” sebut Arsad.

Dia menambahkan, seleksi ini menggunakan sistem Computer Assested Test (CAT) dan wawancara pendalaman bidang tugas. Keduanya akan dilakukan secara online.

Rakor membahas beberapa hal teknis terkait proses seleksi, seperti rambu-rambu seleksi tenaga pendukung PPIH Arab Saudi, proses yang jelas dan terukur, serta meminimalisir kesulitan dalam proses pelaksanaan seleksi.

Baca juga : Survei Indikator: Penampilan Prabowo Terbaik Di Debat Capres 7 Januari

Terobosan Ditjen PHU menggelar Rakor jelang pelaksanaan seleksi disambut positif oleh perwakilan KBRI, antara lain dari Yordania dan Libya.

Rakor dinilai sangat positif untuk kelancaran rekrutmen tenaga pendukung PPIH Arab Saudi.

Perwakilan KBRI menginformasikan, saat ini jumlah mahasiswa di negara-negara Timur Tengah semakin banyak. Sehingga, jumlah kuota petugas dari unsur mahasiswa diusulkan untuk bisa ditambah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.