Dark/Light Mode

Jabat Ketua MWA FK President University, Satyanegara Ungkap Pentingnya Bioteknologi

Jumat, 1 Maret 2024 21:51 WIB
Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS terpilih menjadi Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran President University, Jumat (1/3/2024)
Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS terpilih menjadi Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran President University, Jumat (1/3/2024)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prof. Dr. dr. Satyanegara, Sp. BS menjadi Chairman of the Board of Trustees atau Ketua Wali Amanat Fakultas Kedokteran President University.

Dalam prosesi itu, Ia menyampaikan pentingnya bioteknologi bagi pengetahuan kesehatan dan penelitian di masa depan.

"Penerapannya sebetulnya sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Ini terbukti dari adanya upaya manusia untuk melakukan fermentasi, rotasi tanaman, atau penggunaan insektisida alami untuk meningkatkan produksi pertanian dan pangan," jelas Satyanegara di kampus President University, Cikarang, Jumat (1/3/2024).

Baca juga : President University Makin Diminati Mahasiswa Asing, Ini Faktor Pendukungnya

Ia mengatakan, terdapat empat prinsip dasar bioteknologi yang sangat bermanfaat bagi pengembangan dunia kesehatan.

Di antaranya penggunaan agen biologi, diterapkannya metode tertentu, mampu menghasilkan produk turunan, dan melibatkan berbagai disiplin ilmu atau multidisiplin.

"Banyak manfaat yang diperoleh bidang kedokteran melalui pengembangan bioteknologi. Di antaranya, manusia bisa melakukan rekayasa genetika, membuat hormon insulin, kloning, antibiotik, vaksin, sel punca dan masih banyak lagi lainnya," ucap Satyanegara.

Baca juga : Rapat di Kantor WHO, Prof Tjandra Ungkap Pentingnya EOC Dan SHOC

Menurutnya semua itu pada akhirnya berdampak positif. Karena bioteknologi membuat manusia semakin mampu mencegah terjadinya penularan penyakit.

Adanya bioteknologi juga memicu penemuan berbagai obat untuk penyakit yang berbahaya. Sehingga pada akhirnya masyarakat pun menjadi lebih mudah mengakses layanan kesehatan.

“Semua itu terjadi karena biokteknologi membuat ilmu kesehatan menjadi semakin berkembang,” kata dia.

Baca juga : Debat Capres Pamungkas, Ganjar Ungkap Pentingnya Pembangunan yang Beradab

Pengangkatan Satyanegara dilakukan langsung oleh Pendiri Grup Jababeka sekaligus pendiri President University, SD Darmono.

Ia berharap Satyanegara bisa berperan aktif dalam dunia kesehatan di tingkat nasional.

"Semoga kita bersama para akademisi bisa mengambil peran yang baik di tengah masyarakat," tutup Darmono.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.