Dark/Light Mode

Jelang Ramadan 1445 H, Panji Soeharto Ziarah ke Astana Giribangun

Selasa, 5 Maret 2024 17:54 WIB
Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila YAMP Panji Adhikumoro Soeharto (tengah) saat mengunjungi makam sang kakek, Soeharto yang dikenal sebagai mantan Presiden RI ke-2, di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.
Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila YAMP Panji Adhikumoro Soeharto (tengah) saat mengunjungi makam sang kakek, Soeharto yang dikenal sebagai mantan Presiden RI ke-2, di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut bulan suci Ramadan 1445 H, Ketua Yayasan Amalbakti Muslim Pancasila (YAMP) Panji Adhikumoro Soeharto mengunjungi makam sang kakek, Soeharto yang dikenal sebagai mantan Presiden RI ke-2, di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (3/3/2024).

Kunjungan Panji Adhikumoro ke makam Soeharto untuk memperingati ulang tahun YAMP ke-42, sekaligus memperingati bulan Maret, Bulan Soeharto bersamaan dengan datangnya Ramadan 1445 Hijriah.

Panji Adhikumoro mengatakan, kedatangannya ke makam sang kakek untuk mendoakan almarhum Soeharto agar mendapat kelapangan dari Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus refleksi diri untuk taat ibadah dan berbuat kebaikan sesama manusia.

Baca juga : Jelang Ramadan, BEM PTNU Bagikan Sembako

“Tujuan ziarah kubur untuk mendoakan orang yang sudah meninggal. Kita dapat mendoakan orang yang di ziarahi agar mendapat ketenangan, serta kelapangan di kuburnya, ujar Panji Adhikumoro, didampingi Issantoso Wakil Ketua YAMP dan Marsono Sekretaris YAMP, di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Panji menambahkan, ziarah makam juga untuk memotivasi manusia agar semakin rajin beribadah, berbuat kebaikan, dan beramal saleh.

YAMP adalah yayasan yang didirikan almarhum Soeharto yang sekarang dikelola Panji Adhikumoro.

Baca juga : Jelang Ramadan Syakir Daulay Sungkem Dan Cuci Kaki Ibu, Bantah Isu Anak Durhaka

Sebagai penerus kakeknya, Panji pun giat melakukan kunjungan ke berbagai masjid, terutama masjid yang dibangun oleh Soeharto.

Masjid-masjid tersebut dibangun oleh Soeharto untuk memfasilitasi umat Islam yang memerlukan sarana peribadatan.

Pembangunan masjid-masjid tersebut berlangsung antara tahun 1987-1997 dan kini telah berkembang pesat.

Baca juga : Jelang Ramadhan, Harga Bawang Merah Merangkak Naik

Selain menjadi pusat peribadatan umat Islam, Masjid YAMP juga berperan sebagai pusat aktivitas peradaban seperti pelayanan pendidikan, kesehatan, hingga berbagai kegiatan ekonomi umat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.