Dark/Light Mode

Ayam 43 Ribu, Cabe 100 Ribu

Harga Sembako Masih Ugal-ugalan

Rabu, 13 Maret 2024 08:10 WIB
Warga membeli sayuran di pasar tradisional, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (11/3/2024). (Foto: Antara Foto/Adeng Bustomi/aww)
Warga membeli sayuran di pasar tradisional, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (11/3/2024). (Foto: Antara Foto/Adeng Bustomi/aww)

 Sebelumnya 
“Siklus musiman kan memang ada kecenderungan masyarakat impulsif belanja lebih banyak dari kebutuhan. Ini mendorong harga naik,” urai Bhima saat dihubungi, Selasa (12/3/2024) malam.

Ia memprediksi, dalam waktu dekat belum ada tanda-tanda penurunan harga. Bahkan trennya, akan terus naik hingga pasca Lebaran.

Termasuk beras yang katanya akan berangsur turun, nyatakan akan tetap tinggi. Apalagi, panen raya padi di sejumlah daerah terlambat.

Baca juga : Orang Baru Di Golkar Tak Bisa Jadi Ketum

Jika tak ingin harga makin ugal-ugalan, Pemerintah harus memaksimalkan peran Satgas Pangan. Salah satunya dengan melakukan tindakan di lapangan.

“Selain itu, berantas mafia pangan yang memanfaatkan situasi untuk tahan pasokan. Untuk Bulog memang perlu terus banjiri pasar dengan beras di gudang,” saran Bhima.

Direktur eksekutif Segara Research Institute Piter Abdullah menganggap biasa kenaikan harga sembako awal Ramadan hingga jelang Lebaran. Penyebab utamanya, permintaan yang tinggi tidak dibarengi pasokan.

Baca juga : PKS Bisa Pasang Kuda-Kuda Untuk Hadapi Pilgub Jakarta

“Kenaikan harga ini diperkirakan masih akan terjadi hingga jelang Lebaran.

Pemerintah sudah mengantisipasi hal ini dengan menjaga tersedianya supply, termasuk melakukan impor apabila dibutuhkan,” tutur Piter.

Di dunia maya, kenaikan harga sembako yang ugal-ugalan jadi perhatian serius warganet.

Baca juga : Pembelian Motor Patwal VVIP Sebaiknya Ditunda

Mendapati hal ini, masyarakat mengeluh di sosial media. “UMKM dan rakyat kecil makin terjepit..” cuit @AdamVelcro. “Harga telur naik, harga beras juga naik, gaji gak naik-naik ,” timpal @Keteluran.

“Ayam Rp 40 ribu, tulang sapi Rp 120 ribu, daging sapi Rp 170 ribu, nila Rp 35 ribu, patin Rp 28 ribu, udang Rp 25 seperempat kilo, cumi Rp 45 ribu, cane Rp 80 ribu. Duh, mau nggak mau masih dibeli,” sesal @FadhilahIk42447. “Ih sudah naik lagi? Terakhir beli, Rabu minggu lalu, masih Rp 35 ribu,” sahut @justlikeaegi99. “Di sini Rp 45 ribu kak, telor Rp 33 ribu. Gila, telor sudah jadi makanan mahal,” ungkap @Arayooniverse.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 13 Maret 2024 dengan judul Ayam 43 Ribu, Cabe 100 Ribu, Harga Sembako Masih Ugal-ugalan

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.