Dark/Light Mode

Dihadiri Presiden Jokowi, Bank Mandiri Groundbreaking Kantor Digital di IKN

Kamis, 29 Februari 2024 20:12 WIB
Groundbreaking kantor Bank Mandiri berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara IKN yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi (tengah) dan Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi (ketiga kiri) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (29/2/2024). (Foto: Dok. Bank Mandiri)
Groundbreaking kantor Bank Mandiri berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara IKN yang disaksikan langsung oleh Presiden Jokowi (tengah) dan Dirut Bank Mandiri Darmawan Junaidi (ketiga kiri) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (29/2/2024). (Foto: Dok. Bank Mandiri)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk melakukan groundbreaking kantor berbasis digital bertajuk Mandiri Digital Services di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang disaksikan langsung oleh Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Langkah tersebut menjadi upaya perusahaan terus memperkuat fungsinya sebagai agen pembangunan dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi Bank Mandiri sebagai salah satu bank yang membangun kantor berkonsep Digital Services yang dapat melayani masyarakat.

"Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Services. Karena saya tahu Livin' by Mandiri sudah 23 juta pengguna, sangat besar sekali," ujarnya di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (29/2/2024).

Jokowi mengatakan, ke depan hal tersebut dapat terus berkembang serta ikut mendorong perluasan ekosistem digital di Tanah Air.

Baca juga : Presiden Jokowi Groundbreaking BRI International Microfinance Center Di IKN

"Bayangan saya nanti juga kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun, akan mendatangkan digital nomad yang ada di Nusantara kita. Maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengatakan, Digital Services Bank Mandiri di IKN ini akan berlokasi di Pusat Layanan Perbankan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), yang merupakan kawasan strategis dan representatif bagi lembaga negara dan swasta.

Kantor Bank Mandiri ini akan dibangun dengan konsep hijau atau ramah lingkungan dan berbasis digital, sesuai dengan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

“Kami berharap dengan hadirnya Mandiri Digital Services di IKN, dapat memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di IKN, terutama dalam proses transisi dari ibukota saat ini agar dapat berjalan lancar dan sesuai harapan,” ujarnya.

Bank Mandiri juga berkomitmen untuk ikut mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN, bersama dengan lembaga negara dan swasta lainnya yang turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN.

Baca juga : Isi Akhir Pekan, Jokowi Ngemall, Sri Mul Nonton Film

Darmawan menjelaskan, Mandiri Digital Services rencananya, akan terdiri dari dua lantai dengan luas bangunan kurang lebih sebesar 2.000 m2 (meter persegi).

“Secara desain, bangunan ini akan berbentuk fluid yang menyimbolkan keselarasan bangunan Mandiri Digital Services dengan lingkungan sangat asri di IKN,” ungkapnya.

Selain itu, desain bangunan Mandiri Digital Services akan mengusung konsep sustainability dan ramah lingkungan, solar panel akan berfungsi sebagai salah satu sumber energi.

Bank Mandiri juga membawa tiga inovasi digital unggulan yakni Super App Livin’ by Mandiri, Wholesale Super Platform Kopra by Mandiri dan Smart Branch by Mandiri ke IKN untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat.

Livin’ by Mandiri yang menghadirkan solusi finansial nasabah ritel ini telah mencatat lebih dari 18.000 transaksi per detik dan Kopra by Mandiri untuk nasabah wholesale kini mampu memproses lebih dari Rp 1.900 triliun transaksi per detik hingga akhir 2023.

Baca juga : Resmi Jadi Menkopolhukam, Jokowi Minta Hadi Dukung Investasi

Darmawan mengatakan, dengan Livin’ dan Kopra by Mandiri, masyarakat dapat membuka rekening Tabungan, Giro, Deposito, dan melakukan transaksi finansial non tunai untuk individu atau badan usaha, kapan saja dan di mana saja.

Selanjutnya, Mandiri Digital Services akan dibangun di atas lahan seluas 1,28 hektare (ha).

Tempat ini akan menjadi pelopor one-stop-financial solution di IKN dengan memberikan pelayanan terbaik secara digital dan offline. Salah satunya didukung oleh kehadiran Smart Branch by Mandiri, fasilitas Smart Priority Lounge, Co-working Space hingga SPKLU untuk kendaraan ramah lingkungan, guna mendukung segala aktivitas masyarakat di IKN.

“Khusus pada fasilitas Smart Branch by Mandiri, nasabah pun dapat menggunakan fitur e-Reservation untuk membuat janji kunjungan,” jelasnya.

Bank Mandiri juga menyediakan solusi pengelolaan uang tunai baik penjemputan maupun pengantaran, dalam layanan Mandiri LAJU (Layanan Antar Jemput Uang) yang saat ini sudah diakses secara mudah melalui Kopra by Mandiri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.