Dark/Light Mode

Seru! Dengan Metoda KQM, Sanlat Ramadan Ini Gelar Hafalan Al-Quran

Rabu, 20 Maret 2024 07:24 WIB
Risma Budiyani (jilbab bunga) saat mengajarkan metode Kauny kepada peserta pesantren kilat. (Foto: Istimewa)
Risma Budiyani (jilbab bunga) saat mengajarkan metode Kauny kepada peserta pesantren kilat. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mengisi kegiatan di bulan Ramadan salah satunya dengan mengikuti pesantren kilat (sanlat).

Seperti yang dilakukan kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Majelis Kamissyou menggelar sanlat di Masjid Al Kautsar di Vila Dago Pamulang, Tangerang Selatan.

Ratusan peserta dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua dengan antusias mengikuti sanlat.

Menariknya, kegiatan sanlat diisi dengan salah satunya menghafal Al-Quran dengan cara yang menyenangkan. Peserta dikenalkan metode Kauny Quantum Memory (KQM).

Baca juga : Pemprov DKI Didorong Turun Cegah Tawuran

Ini merupakan penerapan belajar dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

“Metode Kauny yakni teknik menghafal Al-Qur’an dengan gerakan yang memudahkan dalam menghafal ayat serta mengerti makna dibaliknya. Pada saat bersamaan, peserta juga dapat belajar tajwid," ungkap pendiri pesantren Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo dalam penjelasannya, Selasa (19/3/2024).

Dalam proses menghafal, peserta diajarkan beberapa gerakan yang dimaksudkan sebagai arti dari setiap ayat Al-Quran.

Lebih lanjut Bobby menjelaskan, tujuan dari acara ini adalah untuk mengisi Ramadan dengan kegiatan menghafal dan mentadaburi ayat-ayat Al-Quran dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga : Sampaikan Pesan Presiden, Menko Hadi: Jangan Ada Karhutla Saat Ramadan Dan Lebaran

Selain itu, para peserta juga dilatih untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar serta melafalkan setiap ayat secara benar.

Adapun materi yang disampaikan dalam sanlat ini dikemas dengan sangat apik lewat games edukatif yang mendukung proses pembelajaran para peserta Sanlat.

Sementara itu, Ketua panitia sanlat Herlina Octavia mengatakan bahwa acara ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta dari Tangsel dan sekitarnya serta Jakarta Selatan.

"Kamissyou berharap dapat lebih banyak lagi memfasilitasi bagi mereka yang ingin belajar Al-Qur’an yang tidak punya akses untuk masuk pesantren," jelas Herlina.

Baca juga : Kemenag Usulkan Bukti Bayar Zakat Jadi Syarat Naik Jabatan ASN

Pesantren kilat rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Majelis KamissYou yang beranggotakan ibu-ibu asuhan Ustadzah Risma Budiyani.

"Kalau biasanya ibu-ibu ini yang ikhtiar menghafal Al-Quran, kini giliran mereka yang memfasilitasi orang-orang untuk merasakan keseruan yang sama menghafal Al-Quran semudah tersenyum di bulan Al-Quran," jelas Risma.

Dia juga berharap peserta sanlat yang ingin menghafal Al-Quran dengan metode Kauny bisa melanjutkan melalui Askar Kauny atau komunitas Hafiz of The Street (HOTS). "Tugas kami hanya memperkenalkan," tandasnya.

Sebagai informasi, acara serupa juga akan digelar masjid lain. Salah satunya di masjid Al Ihsan Puri Beta 1, Ciledug pada hari Sabtu 23 Maret 2024.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.