Dark/Light Mode

Jemput Peluang Sadar Zakat, Baznas Jalin Kerja Sama Dengan FDIKOM UIN Jakarta

Senin, 25 Maret 2024 22:08 WIB
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjalin kerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Senin (25/3/2024). Foto: Istimewa
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjalin kerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Senin (25/3/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk memperkuat literasi dakwah zakat di Indonesia, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menjalin kerja sama dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIKOM) UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan yang dilakukan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Komunikasi Publik Baznas Ndari Rumi Widiyawati, bersama Dekan FDIKOM UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto.

MoU ini juga turut disaksikan oleh Pimpinan Bidang Perencanaan, Kajian, dan Pengembangan Baznas Zainul Bahar Noor.

Dalam sambutannya, Zainulbahar Noor menyampaikan, kerja sama yang dilakukan pihaknya dengan FDIKOM UIN Jakarta dilaksanakan karena ilmu komunikasi sangat dibutuhkan untuk penyebaran literasi zakat di era digital seperti ini.

Baca juga : BAZNAS Dan Mufti Ukraina Rumuskan Kerja Sama Bantuan Kemanusiaan

Apalagi, literasi zakat di Indonesia masih jauh dari angka yang diharapkan.

"Ilmu komunikasi ini sangat dibutuhkan untuk penyebaran literasi zakat sebagai bagian yang sangat mutlak di era digital ini. Apalagi, saya rasa tingkat literasi zakat, infak, sedekah seluruh rakyat Indonesia ini masih jauh dari yang diharapkan," ujar Zainulbahar.

Zainulbahar menyampaikan, potensi zakat di Indonesia sangat besar dan salah satu cara agar potensi zakat tersebut dapat dimaksimalkan adalah dengan penyebaran literasi zakat kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar akan pentingnya zakat.

"Potensi zakat, infak di Indonesia sangat besar, dan saat ini apa yang bisa dilakukan (oleh Baznas) untuk meningkatkan literasi zakat adalah dengan mengadakan berbagai program seperti pengumpulan dan pendistribusian zakat," katanya.

Baca juga : BPH Migas-Ditjen Pajak Kerja Sama Pemanfaatan Data

Pada kesempatan yang sama, Dekan FDIKOM UIN Jakarta, Gun Gun Heryanto mengatakan, kerja sama ini merupakan langkah awal yang akan membawa efek positif dan konstruktif bagi UIN Jakarta maupun Baznas.

"Ini adalah langkah awal yang saya yakin akan membawa efek domino yang positif dan konstruktif untuk menguatkan kelembagaan baik FDIKOM maupun BAZNAS," katanya.

Gun Gun berharap, kerja sama yang sedang dilakukan saat ini tidak hanya kerja sama simbolis di atas kertas saja. Namun, juga dapat terus dilaksanakan dengan menindaklanjuti berupa langkah nyata yang akan dilakukan oleh kedua lembaga nantinya.

"Saya berharap, kita tidak kerja sama hanya di atas kertas, tapi kita berharap follow up nya, langkah nyata terintegrasi dengan timeline yang mungkin bisa kita penuhi secara bersama-sama," pungkasnya.

Baca juga : Mudahkan Mobilitas Karyawan, PAMA Jalin Kerja Sama Dengan Pelita Air

Hadir dalam penandatanganan kerja sama tersebut antara lain Pimpinan Baznas Bidang Koordinasi Nasional, KH Achmad Sudrajat, Pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan, H. Rizaludin Kurniawan, Wakil Dekan FDIKOM Bidang Akademik, Fita Fathurokhmah, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, M. Muhtadi, beserta seluruh Kaprodi FDIKOM UIN Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.