Dark/Light Mode

Jalankan Program Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan

Medco E&P Dukung Kemandirian Masyarakat

Jumat, 8 Maret 2024 16:35 WIB
Sejumlah siswa SDN Pauh Simpang Tungkal, Musi Banyuasin, penerima bantuan pendidikan, Program Pemberdayaan Masyarakat dari Medco E&P. [Foto: Dok SKK Migas]
Sejumlah siswa SDN Pauh Simpang Tungkal, Musi Banyuasin, penerima bantuan pendidikan, Program Pemberdayaan Masyarakat dari Medco E&P. [Foto: Dok SKK Migas]

RM.id  Rakyat Merdeka - Medco E&P Grissik Limited (Medco E&P) sebagai Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang beroperasi di bawah pengawasan SKK Migas, terus berkomitmen berkontribusi mengembangan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Sebagai pengelola Blok Corridor, Medco E&P melalui konsep Community Development Berkelanjutan, terus menjalankan lima pilar Program Pengembangan Masyarakat (PPM) guna mendukung terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu pilar fokus Medco E&P dalam Program Pemberdayaan Masyarakat adalah di bidang pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, Medco E&P berfokus pada program peningkatan kapasitas dan kelembagaan pendidikan berbasis komunitas, serta pemberian beasiswa kepada 337 guru dan mahasiswa.

Baca juga : Ciptakan Budaya Pangan Berkelanjutan, LG Kampanyekan Better life for all

Bantuan pendidikan salah satunya diberikan kepada SDN Pauh Simpang Tungkal, Kabupaten Musi Banyuasin. Selain memberikan beasiswa dan pelatihan kepada siswa dan guru, Medco juga membantu pembangunan infrastruktur sekolah.

Manager Field Relations & Community Enhancement Corridor Medco E&P, Sudewo menyampaikan, program permberdayaan masyarakat di bidang pendidikan yang dilakukan Medco tak hanya menyentuh bentuk fisik bangunan sekolah, tapi juga inti dari pendidikan, yaitu para tenaga pengajar.

‘’Kami harap, dengan adanya peningkatan kualitas guru dapat meningkatkan kualitas peserta didik, semakin banyak prestasi yang diraih oleh para siswa, maka akan semakin cepat peningkatan akreditasi sekolah tersebut,‘’ ujarnya, dalam acara Kunjungan Media SKK Migas - KKKS di Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Rabu (6/3/2024).

Dari kanan: Kepala Sekolah SDN Pauh Simpang Tungkal, Tupardi; Manager Field Relations & Community Enhancement Corridor Medco E&P, Sudewo; Analis Senior Komunikasi SKK Migas, Febrian Dama Asmara dan Senior Manager Relations & Security Corridor, Adjie Suryaningrat. [Foto: Dok SKK Migas]

Baca juga : Fairfield by Marriott Jakarta Lanjutkan Kerja Sama Dengan GB Sanitaryware

Sementara Kepala Sekolah SDN Pauh Simpang Tungkal, Tupardi, menyampaikan, sejak beberapa tahun lalu, Medco E&P telah ikut andil memajukan pendidikan melalui berbagai program.

‘’Selain bantuan pembangunan ruang kelas, kami juga mendapatkan pelatihan peningkatan mutu guru, beasiswa kepada guru yang sedang menempuh pendidikan S-1, bantuan untuk siswa berprestasi serta fasilitas pendukung pembelajaran,’’ ujarnya.

Menurut Tupardi, berbagai program yang diberikan Medco E&P tersebut telah membantu para siswa mendapatkan pendidikan yang jauh lebih baik. Saat ini, kata dia, siswa yang berjumlah 154 orang lebih bersemangat belajar.

Baca juga : PHE ONWJ Berdayakan Masyarakat Kampung Keberagaman Merbabu Asih

Selain itu, kompetensi para guru juga terus meningkat setelah mendapatkan pelatihan dari Medco E&P. ‘’Kami berharap, sinergi yang telah terjalin baik dengan Medco E&P ini dapat terus berlanjut,’’ kata Tupardi.

Sedangkan Senior Vice President Corridor Asset, Tri Laksono menyampaikan, Program Pemberdayaan Masyarakat yang dikerjakan oleh Medco E&P diharapkan dapat berkontribusi positif atas kehadiran industri migas di wilayah kerja Medco E&P.

‘’Di samping fokus memenuhi kebutuhan energi nasional dan mendukung target produksi minyak dan gas bumi yang ditetapkan Pemerintah, kami juga terus berupaya memberi kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar area operasi, melalui lima pilar Program Pemberdayaan Masyarakat. Yakni, Pemberdayaan Ekonomi, Pendidikan, Kesehatan, Dukungan Fasilitas Sosial dan Umum serta Lingkungan,’’ ujar dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.