Dark/Light Mode

Merugikan Konsumen, SPBU Nakal Wajib Ditindak Tegas Nih…

Rabu, 27 Maret 2024 07:25 WIB
Warga menunjukkan bensin yang bercampur dengan air. (Foto: Istimewa)
Warga menunjukkan bensin yang bercampur dengan air. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Di media sosial X, netizen juga mengecam praktik ke­curangan yang dilakukan oknum SPBU. Selain merugikan warga yang telanjur membeli, bahan lain yang dicampurkan ke bensin juga dapat merusak kendaraan.

Akun @Errorpasbutuh menu­turkan, SPBU di Bekasi Selatan itu sudah lama dicurigai berbuat curang. Pasalnya, sering ada ke­luhan dari pemotor yang mengisi bensin di SPBU tersebut.

“Ini SPBU dari dulu emang problematik, sudah bertahun tahun masalahnya sama; bensin kena campur air yang entah dari mana,” ujarnya.

Senada, akun @adityap­tra menyatakan bensin bercam­pur air, sudah menjadi rahasia umum.

Baca juga : Retribusi Banyak Bocor, Tertibin Dong Parkir Liar

“Pernah ketemu mas-mas yang motornya mati, pas dicek bensinnya isi air padahal abis beli full tank di SPBU. Kalau begini tandain aja SPBU-nya,” cuitnya.

Akun @rsyarief menegaskan, SPBU harus bertanggung jawab jika bensin yang mereka jual tercampur air.

“Sebenarnya, SPBU bisa men­deteksi apakah BBM di tangki pendamnya terkontaminasi ba­han lain atau tidak, jika SPBU itu mematuhi prosedur Q&Q. SPBU yang Q&Q-nya ketat, pasti memiliki logbook yang terupdate. Coba sesekali cek logbook di SPBU langganan, agar kita merasa aman terhadap takaran dan mutu BBM nya!” terangnya.

Sedangkan akun @TampubolonTjoki menyebutkan, peng­gunaan air di truk tangki SPBU adalah hal yang lazim, asalkan air itu tidak terbawa hingga ke tangki kendaraan konsumen.

Baca juga : Aguero: Bukan Duel Penentu Gelar Juara

“Semua truk tangki pengang­kut BBM menggunakan air. Jadi di SPBU ada batas jual dalam tangki tanam. Tapi air tidak boleh terbawa ke konsumen. Ada ambang batasnya juga,” tulisnya.

Akun @JustNobunaga ber­pendapat, masalah bensin yang tercampur air seharusnya bisa dihindari.

“Bisa jadi ini kelalaian supervisor SPBU pas waktu bongkaran nih, tangki mobil Pertaminanya mungkin nggak dicek pakai pasta air sebelum dibong­kar,” katanya.

Akun @FandomID_ mengaku pernah mengalami hal se­rupa.

Baca juga : Swiatek Dihabisi Alexandrova

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 27 Maret 2024 dengan judul Merugikan Konsumen, SPBU Nakal Wajib Ditindak Tegas Nih…

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.