Dark/Light Mode

Hari Persandian dan Pentingnya Menjaga Ruang Siber

Jumat, 5 April 2024 04:24 WIB
Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC Pratama Persadha
Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC Pratama Persadha

 Sebelumnya 
Di balik layar, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Indonesia menjalankan peran krusial dalam menjaga keamanan dan kedaulatan dalam ranah siber.

Sebagai lembaga strategis yang bertanggung jawab atas keamanan siber nasional, kepemimpinan serta personel yang memiliki kompetensi tinggi sangatlah krusial karena tantangan dalam ruang siber semakin kompleks dan beragam.

Sehingga BSSN memerlukan pemimpin serta personel yang memahami secara mendalam berbagai aspek keamanan siber termasuk ancaman yang berkembang, teknologi terbaru, dan regulasi terkait.

Baca juga : PUPR Targetkan Bendungan Tiga Dihaji Bisa Rampung Akhir 2024

Pemimpin yang berkompeten akan dapat memimpin tim dengan efisien serta mampu merespons dengan cepat dan tepat dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan merespons ancaman siber yang muncul dalam menghadapi ancaman siber yang terus berubah.

BSSN juga bertanggung jawab atas pengembangan kebijakan dan regulasi terkait keamanan siber sehingga pemimpin serta personel yang berkompeten diharapkan akan dapat merancang kebijakan yang efektif dan adaptif sesuai dengan perkembangan teknologi dan ancaman yang ada.

Pemimpin serta personel yang berkompeten dapat membangun kemitraan yang efisien dan saling menguntungkan karena keberhasilan BSSN dalam menjaga keamanan siber nasional juga bergantung pada kemampuannya untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pemerintah, sektor swasta, dan lembaga internasional.

Baca juga : Syuting Dengan Ratusan Ular

Pemimpin serta personel yang berkompeten akan dapat memimpin program pelatihan, penelitian, dan pengembangan teknologi yang diperlukan untuk memperkuat pertahanan siber karena BSSN harus terus mengembangkan kapasitas teknis dan manusianya dalam bidang keamanan siber.

Kepemimpinan serta personel yang kompeten dan efektif di BSSN akan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap kemampuan negara dalam melindungi warga dan infrastruktur dari ancaman siber.

Dengan penuh rasa hormat, kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pahlawan tanpa tanda jasa dalam bidang persandian, serta ahli persandian yang bekerja keras di balik layar untuk melindungi negara kita.

Baca juga : Peran Keluarga Penting Dalam Membangun Literasi Digital

Selamat Hari Persandian Nasional! Dirgahayu Badan Siber dan Sandi Negara!

Bersama BSSN, kita jaga ruang siber menuju Indonesia Emas.

Dr. Pratama Persadha, Chairman Lembaga Riset Keamanan Siber CISSReC

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.