Dark/Light Mode

Pemudik Tembus 194 Juta, Menko Luhut Titip Pesan Penting Nih

Jumat, 5 April 2024 19:35 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Instagram/luhut.pandjaitan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Instagram/luhut.pandjaitan

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menitipkan pesan penting kepada para pemudik tahun ini, yang disebut sebagai mudik paling meriah sepanjang sejarah.

Bagaimana tidak? Dari hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan yang ia terima, diperkirakan 194 juta masyarakat Indonesia akan melakukan mudik tahun ini. Naik 34 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Angka yang sangat fantastis sebenarnya," kata Luhut dalam rekaman video yang diunggah ke akun Instagram pribadinya, Jumat (5/4).

Baca juga : Posko Mudik BPJS Kesehatan, Cek Kesehatan Gratis Jadi Mudah

Ia memastikan bahwa pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) maupun kepolisian sudah menyiapkan banyak hal untuk kelancaran mudik tahun ini.

"Semua kami di pemerintahan ini sudah menyiapkan yang terbaik," tuturnya.

"Sehingga semua sudah kita antisipasi, sampai pada charger mobil listrik misalnya, dan seterusnya-seterusnya sudah semua disiapin," lanjut Luhut.

Baca juga : Penumpang Bisa Tembus 2 Juta, Pelindo Siapkan Posko Angkutan Lebaran

Tinggal masyarakat. Ia meminta kerja sama semua pemudik untuk ikut serta memastikan kelancaran mudik tahun ini. Dengan saling jaga dan peduli serta berhati-hati dalam berkendara.

Selain itu, ia meminta agar para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi tidak memaksakan diri membawa kendaraan dalam keadaan lelah dan mengantuk. Sehingga para pemudik bisa ikut menjaga keselamatan diri dan pengendara lain.

"Kalau ngantuk ya berhenti dulu sebentar, minum sebentar kalau malam (sudah buka puasa). Kalau masih siang ya dengan keluarga istirahat sebentar, sehingga jangan sampai ada kecelakaan karena kelelahan," imbaunya.

Baca juga : Menko PMK Minta Berbagai Fasilitas Penunjang Ditambah

Menko Luhut juga mengucapkan selamat jalan kepada para pemudik, dengan harapan bisa menjalani mudik dengan baik dan kembali balik dengan selamat.

"Saya dari lubuk hati yang paling dalam, kami dari Kementrian (Kemenko Marves), mengucapkan selamat jalan menuju tujuan masing-masing," ucap Luhut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.