Dark/Light Mode

Relawan Jokowi: Pertemuan Prabowo-Megawati Redam Ketegangan Politik

Kamis, 11 April 2024 17:57 WIB
Sekretaris Jenderal Relawan Jokowi (RéJO) untuk Prabowo-Gibran, Muhammad Rahmad. (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal Relawan Jokowi (RéJO) untuk Prabowo-Gibran, Muhammad Rahmad. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Relawan Jokowi (RéJO) untuk Prabowo-Gibran, Muhammad Rahmad menilai, pertemuan Presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri adalah sesuatu yang baik dan strategis untuk kemajuan bangsa Indonesia ke depan. 

“Prabowo dan Megawati memiliki hubungan politik yang dekat, sehingga pertemuan mereka juga bisa menjadi langkah untuk menjaga stabilitas koalisi politik yang melibatkan partai politik yang mereka pimpin,” kata Rahmad, Kamis (11/4/2024).

Pertemuan tersebut juga dapat menjadi upaya untuk mendamaikan konflik atau ketegangan antara Megawati dan Jokowi. Dengan melibatkan pihak ketiga seperti Prabowo, yang memiliki hubungan baik dengan kedua belah pihak, diharapkan dapat menciptakan suasana yang lebih harmonis. 

Baca juga : Sandiaga Uno Temui Prabowo, Gerindra: Bawa Semangat Rekonsiliasi

Disamping itu, pertemuan tersebut strategis untuk menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Dengan melibatkan tokoh-tokoh politik utama, Megawati-Prabowo-Jokowi, maka ketegangan politik nasional akan jauh dari gangguan yang dapat mengancam stabilitas negara.

Rahmad menilai, Megawati-Prabowo-Jokowi adalah pemimpin bangsa yang negarawan. 

“Sebagai pemimpin bangsa, saya yakin dan percaya, Bu Megawati, Pak Prabowo, Pak Jokowi adalah tiga pemimpin bangsa yang negarawan. Mereka akan selalu mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan politik dan kepentingan pribadi,” ujar Rahmad.

Baca juga : Bertemu Jokowi Di Istana, Habiburokhman: Prabowo Belajar Politik Merangkul

Rahmad menambahkan, rencana pertemuan Prabowo-Megawati juga mendapat dukungan elit Gerindra, PDIP dan Pengamat. “Ibu Megawati sangat smart dalam hal ini. Beliau akan mengutamakan persatuan dan kesatuan untuk kepentingan bangsa dan negara. Bu Mega tidak akan terpengaruh oleh kelompok pinggiran yang ingin menjauhkan Pak Prabowo dan Pak Jokowi dari Ibu Megawati”, kata Rahmad.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, rencana pertemuan Prabowo dan Megawati sedang dibicarakan kedua belah pihak.

Sementara itu, Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah mengaku, belum mendapatkan informasi jika Prabowo dan Megawati akan bertemu. Namun, dia menilai, jika memang pertemuan itu terwujud, maka hanya sebatas silaturahmi.

Baca juga : Ketua TKN Prabowo-Gibran Kunjungi Rumah Megawati, Ini Kata Hasto

Pengamat Politik dari Universitas Al Azhar Ujang Komarudin menyebut, wacana pertemuan Megawati dengan Prabowo disebut sebagai keniscayaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.