Dark/Light Mode

Barang Pemustaka Hilang di Loker, Perpusnas Turut Prihatin

Kamis, 18 April 2024 06:44 WIB
Loker penyimpanan barang pemustaka di Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)
Loker penyimpanan barang pemustaka di Perpusnas. (Foto: Dok. Perpusnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menanggapi unggahan akun unggahan akun @auvaerren pada media sosial X (Twitter) terkait kasus kehilangan barang di loker Perpusnas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Nomor 11 Jakarta Pusat, tanggal 16 April 2024.

"Kami sampaikan permohonan maaf dan turut prihatin atas kerugian yang dialami," ucap Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerja Sama dan Humas, Sri Marganingsih, Kamis (18/4).

Baca juga : Lebaran, Puan: Mari Perkuat Silaturahmi & Memutihkan Nurani

Dia menerangkan, Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas adalah ruang publik yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat. "Untuk kenyamanan dan keamanan pengunjung, kami menyediakan fasilitas berupa loker penitipan barang yang dijaga oleh petugas keamanan dan diawasi dengan kamera CCTV," terangnya.

Perpusnas senantiasa mengimbau kepada pemustaka, baik secara langsung maupun melalui pengeras suara, untuk selalu membawa ponsel, laptop, dompet, serta barang berharga lainnya dan tidak meninggalkannya di dalam loker.

Baca juga : Warning Pj Gubernur DKI Ke ASN: Jangan Perpanjang Libur Lebaran

Sebagai informasi, pada tahun 2023, Perpusnas telah mengganti kunci seluruh loker untuk meningkatkan keamanan pemustaka. "Adapun kasus kehilangan yang dialami pemustaka, merupakan kejadian yang tidak diharapkan dan menjadi pembelajaran bagi semua pihak," ucap Sri.

Dalam upaya mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang, Perpusnas berkomitmen untuk memperbaiki mekanisme penggunaan loker dan memperketat pengamanan. Pemustaka juga dapat melaporkan segala bentuk pengaduan kepada petugas yang berada di lingkungan Perpusnas.

Baca juga : Sore Ini, PBNU Lakukan Pemantauan Hilal di 60 Titik

"Perpusnas mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna fasilitas layanan atas perhatian, kritik, dan saran yang diberikan kepada kami. Kenyamanan dan kepuasan seluruh pemustaka tetap selalu menjadi prioritas utama kami. Salam literasi," tutup Sri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.