Dark/Light Mode

KPTIK Dukung Pendirian Warung NKRI Digital di Berbagai Wilayah Indonesia

Sabtu, 4 Mei 2024 13:44 WIB
Peluncuran Warung NKRI Digital di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (2/5). (Foto: Istimewa)
Peluncuran Warung NKRI Digital di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (2/5). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tindak lanjut kerja sama antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi & Komunikasi (KPTIK) dalam pendirian Warung NKRI Digital di berbagai wilayah di Indonesia terus berlanjut. Menyusul peluncuran resmi di Kabupaten Klaten pada Ferbuari lalu, Warung NKRI Digital diresmikan di berbagai daerah. Yang terbaru, di Kota Salatiga, Jawa Tengah, Kamis (2/5).

Pada peluncuran yang difasilitasi Pemerintah Kota Salatiga melalui Badan Kesbangpol Salatiga, Warung NKRI Digital ini menjadi yang ke-38 beroperasi di seluruh Indonesia, plus 1 unit di Hongkong.

Wakil Ketua KPTIK Soegiharto Santoso hadir langsung mendampingi Deputi Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo, dalam peluncuran itu. Turut hadir juga Penjabat Wali Kota Salatiga Yasip Khasani dan para anggota Forkopimda setempat.

Baca juga : Momentum Perbaiki Sekolah

Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Roedy Widodo mengingatkan semua pihak bahwa sudah menjadi tugas seluruh komponen bangsa untuk menciptakan kemandirian bagi mitra deradikalisasi. Salah satunya wujudnya melalui program Warung NKRI Digital.

"Tugas kita bersama untuk mengantar, melindungi, dan memberikan aktivitas untuk menciptakan kemandirian mitra kita salah satunya melalui Warung NKRI Digital ini," ucapnya, seperti keterangan yang diterima redaksi, Sabtu (4/5).

Wakil Ketua KPTIK Soegiharto Santoso mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah jitu BNPT mentransformasi Warung NKRI tradisional menjadi Warung NKRI Digital. Saat ini, BNPT berkolaborasi dengan KPTIK sudah mentransformasi 14 Warung NKRI bermigrasi menjadi Warung NKRI Digital.

Baca juga : Sumbangsih MMSGI Ciptakan Pendidikan Inklusif di Indonesia

“Kolaborasi dengan Warkop Digital telah menghasilkan total 37 Warung NKRI Digital di seluruh Indonesia, termasuk 1 yang berada di Hongkong. Sekarang ketambahan lagi di Kota Salatiga sehingga total menjadi 38 Warun,” ungkap Soegiharto.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyerahan piagam dari BNPT kepada Pj Wali Kota Salatiga dan piagam penghargaan atas partisipasi Kota Salatiga dalam pendirian Warung NKRI Digital. Setelahnya, acara dilanjutkan dengan dialog kebangsaan.

Pj Wali Kota Salatiga Yasip Khasani menyambut baik peluncuran Rumah NKRI, Rumah Ngopi, dan Rumah Kebangsaan. Ia berharap, acara ini menjadi momen penting dalam mencegah radikalisme yang semakin mengancam.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.