Dark/Light Mode

Partai Hanura Launching Pendaftaran Cakada Se-Indonesia

Selasa, 23 April 2024 17:28 WIB
Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) membuka pendaftaran dan penjaringan Calon Kepala Daerah atau Cakada untuk Pilkada Serentak 2024 di Kantor DPP Partai Hanura, Jakarta, Selasa (23/4/2024). Foto: Istimewa
Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) membuka pendaftaran dan penjaringan Calon Kepala Daerah atau Cakada untuk Pilkada Serentak 2024 di Kantor DPP Partai Hanura, Jakarta, Selasa (23/4/2024). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO) membuka pendaftaran dan penjaringan Calon Kepala Daerah atau Cakada untuk Pilkada Serentak 2024.

Proses ini, dilakukan untuk menjaring calon pemimpin daerah terbaik yang akan dijagokan Hanura.

"Atas nama DPP, saya mengintruksikan kepada DPD dan DPC Partai Hanura se-Indonesia, segera membuka pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota di daerah masing-masing," kata OSO, di Kantor DPP Partai Hanura, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Baca juga : Hadapi Eskalasi Konflik Timur Tengah, Fundamental Ekonomi Indonesia Masih Kuat

Di kesempatan ini, OSO menyampaikan tujuh prinsip aturan main partai agar proses penyelenggaraan Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah berlangsung dengan lancar dan tertib.

Pertama, proses penjaringan Cakada dilakukan secara bottom up. Artinya, proses menerima calon sekaligus uji kelayakan dan kepatutan itu dilaksanakan di tingkat daerah melalui DPD Tim Penjaringan, Penetapan dan Pemenang (TPPP) Provinsi.

Kedua, khusus untuk Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Fit and Proper Test dilaksanakan oleh TPPP Pusat.

Baca juga : Agar Tak Kena Macet, Pemudik Disarankan Pulang Lebih Awal

Ketiga, Partai Hanura dalam melaksanakan proses penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah, akan memprioritaskan mereka yang memiliki integritas, anti korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), memiliki komitmen kuat membangun daerah dan memiliki keberpihakan kepada rakyat.

"Serta, memiliki tanggung jawab untuk membesarkan Partai Hanura sebagai alat perjuangan politik rakyat," sebutnya.

Keempat, DPP Partai Hanura akan memprioritaskan kader yang memiliki prestasi, loyalitas, popularitas, elektabilitas dan akseptabilitas yang tinggi sebagai Calon Kepala Daerah.

Baca juga : Jimly Ajak Warga Manfaatkan Lebaran Untuk Rekonsiliasi

Kelima, DPP melalui TPPP Pusat akan selalu membuka komunikasi secara intensif dengan DPD dan DPC Partai Hanura agar proses penjaringan berjalan lancar dan menghasilkan pasangan calon yang mampu memenangkan Pilkada di daerah masing-masing.

Keenam, DPP Partai Hanura berharap DPD dan DPC partai melalui TPPP Provinsi dan TPPP Kab/Kota menjalin komunikasi dengan semua Bakal Calon Kepala Daerah dari partai politik atau gabungan parpol di daerah dalam memenuhi syarat perolehan suara untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Terakhir, kepada seluruh DPD dan DPC melalui TPPP Provinsi dan TPPP Kabupaten/Kota senantiasa mematuhi secara seksama Peraturan Organisasi Nomor 04 Tahun 2024, Juknisnya dan petunjuk pelaksanaan lainnya agar proses penjaringan berjalan sesuai dengan rencana kerja dan time line yang telah disusun oleh TPPP Pusat.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.