Dark/Light Mode

Wapres Minta Warga Patuhi Arahan Relokasi Pasca-Erupsi Gunung Ruang

Minggu, 5 Mei 2024 07:14 WIB
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI/Setwapres)
Wapres KH Maruf Amin. (Foto: BPMI/Setwapres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali erupsi pada Selasa (30/03/2024). Akibat dari erupsi ini, status Gunung ruang pun dinaikkan menjadi level IV (awas) dari sebelumnya level III (waspada). 

Petugas mitigasi bencana di lapangan telah dengan sigap melakukan evakuasi terhadap warga terdampak erupsi. Karena itu, Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengikuti petunjuk yang diberikan tim penyelamat agar proses mitigasi bencana berjalan dengan baik.

“Saya minta kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh pemerintah,” tegas Wapres dalam keterangan persnya usai menghadiri acara Silaturahmi Idul Fitri 1445 H Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Banten dan Peluncuran Batik Motif Tanara di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara, Serang, Banten, Sabtu (04/05/2024). 

Baca juga : Titah Presiden, AHY Janji Selesaikan Lahan Di Sekitar Gunung Ruang

Lebih lanjut Wapres menyampaikan, proses penyelamatan yang dilakukan oleh pemerintah akan mengutamakan keselamatan para warga agar tidak terjadi korban. 

“Pemerintah akan melihat, ketika memang sudah harus dievakuasi bahkan harus direlokasi, berarti ada sesuatu yang harus diselamatkan. Jangan sampai ada korban,” ujarnya. 

Hal ini, sambung Wapres, sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang memerintahkan seluruh jajaran terkait untuk mengutamakan keselamatan warga dalam proses mitigasi bencana erupsi Gunung Ruang.

Baca juga : Presiden Kumpulkan Menteri, Bahas Relokasi Warga Sekitar Gunung Ruang

“Presiden sudah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang untuk juga menyiapkan lahan untuk relokasi. Karena kalau relokasi itu yang terbaik, pemerintah pasti akan mengambil langkah itu. Kalau bahayanya tidak terlalu besar, mungkin tidak perlu direlokasi,” papar Wapres.

“Tapi kalau sudah tingkat bahayanya cukup, maka alternatifnya bukan hanya evakuasi, tapi juga relokasi,” tambahnya.

Menutup keterangan persnya, Wapres kembali mengimbau kepada masyarakat untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh tim evakuasi lapangan. Sebab, seluruh upaya yang dilakukan seluruhnya bertujuan untuk keselamatan warga. 

Baca juga : PGE Area Lahendong Salurkan Bantuan untuk Korban Terdampak Erupsi Gunung Ruang

“Karena itu sebaiknya masyarakat mengikuti petunjuk dengan sukarela,” pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.