Dark/Light Mode

Jokowi Tetapkan 9 Nama Panita Seleksi Capim KPK

Kamis, 30 Mei 2024 12:15 WIB
Presiden Jokowi menyapa pedagang dan pengunjung pasar di Pasar Lawang Agung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). (Foto: RM.id/UMM)
Presiden Jokowi menyapa pedagang dan pengunjung pasar di Pasar Lawang Agung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). (Foto: RM.id/UMM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyatakan telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) terkait nama-nama Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan KPK Periode 2024-2029. Jumlahnya ada sembilan orang. 

"Pansel KPK sudah saya tandatangani kemarin (29/5/2024), sebelum berangkat sudah saya tandatangani,” kata Presiden Jokowi di Pasar Lawang Agung, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Sumatera Selatan, Kamis (30/5/2024). 

Baca juga : PAN Tak Gentar Hadapi Ahok

Kata Jokowi, ada sembilan nama yang terjaring sebagai Pansel Capim KPK. Namun, Presiden enggan membocorkan nama-nama tersebut. "Nama-namanya saya nggak hafal. Tanyakan ke Mensetneg (Menteri Sekretaris Negara). Namun, sudah saya tandatangani kemarin sebelum berangkat," ujar mantan Wali Kota Solo itu. 

Kendati demikian, Kepala Negara memastikan komposisinya rata. Unsur Pemerintah dan masyarakat berimbang. "Saya nggak tau unsur Pemerintah berapa, profesional berapa. Namun, saya kira fifty-fifty lah," sebut Presiden. 

Baca juga : Presiden Jokowi Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Tewasnya Presiden Iran

Sebelumnya beredar 13 nama calon Pansel pimpinan dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Nama-nama tersebut adalah Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh, Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana, serta Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Nezar Patria.

Nama-nama lain yang muncul adalah pengajar Hukum Pidana Universitas Airlangga Surabaya Taufiq Rachman, Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN dan Komisaris PT PLN Nawal Nely serta Kepala Badan Strategi Kebijakan Hukum dan Hak Asasi Manusia Ambeg Paramarta.

Baca juga : Benny Tegaskan PMI Bawa Berkah Untuk Indonesia

Daftar nama tersebut juga memuat Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Arief Satria, anggota Dewan Pengurus Transparency International Indonesia, Rezki Sri Wibowo, Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Andalas Elwi Danil, dan Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia Fauzie Yusuf Hasibuan.

Berikutnya, Direktur Eksekutif Kemitraan yang juga Wakil Ketua KPK periode 2015-2019, Laode M Syarif, Ketua Pansel Calon Pimpinan KPK 2019 Yenti Garnasih serta Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.