Dark/Light Mode

JKN Bakal Jadi Syarat Bikin SIM

Uji Coba Dulu Di Daerah Sebelum Dibuat Nasional

Rabu, 5 Juni 2024 07:25 WIB
Ilustrasi, Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: iStockphoto/Habibi Alisyahbana)
Ilustrasi, Surat Izin Mengemudi (SIM). (Foto: iStockphoto/Habibi Alisyahbana)

 Sebelumnya 
Akun @chris_azura meni­lai, uji coba menambahkan JKN sebagai syarat pembuatan SIM penting untuk masyarakat. Menurut dia, kepesertaan dalam JKN akan membuat para peng­endara memiliki asuransi saat berkendara atau beraktivitas sehari-hari.

“Kalau gue sih setuju. Sebab, asuransi kesehatan itu san­gat penting bagi pengendara. Apalagi setiap hari pasti ada saja berita soal laka lantas,” cuitnya.

Akun @BrodianAja juga men­dukung persyaratan JKN dalam pembuatan SIM. Namun, dia menyarankan, aturan tersebut diuji coba di sejumlah daerah, sebelum diterapkan secara na­sional.

Baca juga : Kaesang: Tunggu Agustus!

Selian itu, @BrodianAja juga meminta Pemerintah dan ke­polisian mengkaji lebih dalam terkait penerapan program tersebut. Sebab, saat membuat SIM atau melakukan perpanjan­gan, ada asuransi Bhayangkara yang harus dibayarkan, serta Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) dari Jasaraharja, yang dibayar saat membayar pajak kendaraan tahunan.

“Kedua pembiayaan ini harus dipikirkan nasibnya, sebelum menjadikan JKN sebagai syarat pembuatan SIM. Kemudian, harus dipikirkan juga soal cover dari BPJS Kesehatan, karena tidak semua jenis laka bisa di­cover,” jelas dia.

Akun @richieleon__ memi­liki pendapat berbeda. Menurut dia, kehadirian JKN sebagai syarat pembuatan SIM akan menjadikan proses pembua­tan SIM lebih sulit. Sebab, ujian berkendara yang selama ini diterapkan, membuatnya selalu gagal mendapatkan SIM.

Baca juga : Prabowo Didukung DPR

“Bayangin aja nih; bawa motor stabil, kaki turun udah sesuai arahan, tengok-tengok kepalanya sesuai, patuh dengan rambu, tapi pas belokan tetap aja gw susah. Nikung banget. Nasib pejuang SIM garis lurus. Padahal umur sudah 18 tahun nih,” ujarnya.

Senada, akun @delogyc juga mengeluhkan adanya tambahan persyaratan dalam proses pem­buatan SIM.

“Tambah banyak aja syarat­nya. Jangan-jangan nanti Tapera juga diwajibkan sebagai syarat urus SIM. Aduhh tobat,” imbuh­nya.

Baca juga : Tokopedia Dan TikTok Kerek Omzet UMKM

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu, 5 Juni 2024 dengan judul JKN Bakal Jadi Syarat Bikin SIM, Uji Coba Dulu Di Daerah Sebelum Dibuat Nasional

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.