Dark/Light Mode

Susun Kabinet, Prabowo Rutin Libatkan Gibran

Rabu, 12 Juni 2024 08:35 WIB
Prabowo Subianto berbincang dengan Gibran Rakabuming Raka di Hambalang, Bogor. (Foto: Instagram Prabowo)
Prabowo Subianto berbincang dengan Gibran Rakabuming Raka di Hambalang, Bogor. (Foto: Instagram Prabowo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden terpilih Prabowo Subianto sedang menyusun kabinetnya. Meski penyusunan kabinet itu, merupakan hak prerogatif presiden, tapi Prabowo selalu rutin melibatkan Wakil Presiden terpilih Gibran Rabuming Raka.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad saat ditanya soal pertemuan Prabowo dan Gibran di Hambalang, Bogor, Sabtu Lalu.

Kata Dasco, Prabowo dan Gibran rutin bertemu. Lagipula, keduanya akan bersama-sama memimpin Indonesia, sehingga koordinasi harus sering dilakukan.

"Bahwa kemudian sesekali foto diunggah itu supaya orang tahu bahwa Presiden dan Wakil Presiden ini kerap kali berkoordinasi," kata Dasco, kepada Wartawan, Selasa (11/6/2024).

Baca juga : Masiku Akan Ditangkap 7x24 Jam

Soal apa yang dibicarakan, Wakil Ketua DPR itu menyebut, keduanya berdiskusi mengenai apa yang seharusnya dilakukan. Seperti bagaimana pemerintahan ke depan, menyusun kabinet dan tentunya mensejahterakan rakyat.

Dasco juga memastikan, komunikasi akan semakin intens hingga 20 Oktober 2024. “Ini hal lumrah yang seharusnya dilakukan Presiden dan Wakil Presiden terpilih yang ada," ujarnya.

Untuk diketahui, Prabowo dan Gibran mengobrol empat mata di Hambalang. Salah satu yang dibahas mengenai kabinet. Pertemuan keduanya begitu hangat. Pertemuan mereka diabadikan Prabowo di akun Instagramnya, @prabowo.

Bagaimana tanggapan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengenai kedekatan Prabowo-Gibran? Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani mengatakan, Prabowo merupakan figur pemimpin yang sangat memperhatikan pasukannya. Kamhar yakin, teladan yang baik ini akan membawa koalisi pemerintahannya menjadi baik. Tentu dengan menerima usulan dari partai koalisi.

Baca juga : Kemenhub Tawarkan Tiga Proyek Kereta Ke Investor

"Oleh karena itu, kami meyakini Pak Prabowo akan sangat memperhatikan aspirasi, pandangan, dan masukan dari mitra koalisi," tutur Kamhar, saat dihubungi, Selasa (11/6/2024) malam.

Jika komunikasi dengan koalisi saja baik, apalagi dengan Gibran selaku wakilnya. "Menjadi sangat wajar jika terjadi pertemuan yang intens untuk membicarakan berbagai hal, termasuk penyusunan kabinet. Intensnya pertemuan ini menjadi pertanda baik," kata Kamhar.

Ketua DPP Partai Golkar, Dave Laksono juga beranggapan demikian. Kata Dave, sudah seharusnya Presiden dan Wapres terpilih solid, dan saling berkomunikasi. "Saya rasa ini hal yang lumrah,” kata Dave.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro menilai, komunikasi intens antara Prabowo-Gibran perlu diapresiasi. Mereka mengirimkan pesan bahwa relasi keduanya sangat baik.

Baca juga : Hanura: Tanpa Mahar!

"Sekaligus membungkam beragam prasangka yang mengemuka selama ini soal disharmoni keduanya," ulas Baskoro, saat dihubungi, Selasa (11/6/2024).

Netizen merespons positif komunikasi Prabowo-Gibran. "Untuk Indonesia lebih maju dan sejahtera, semangat kami selalu mendukung perbuatan baik dan benar," cuit @ches_salman.

"Prabowo berkomitmen untuk mengurangi kesenjangan sosial-ekonomi dengan memperkuat program-program kesejahteraan sosial," kata @FayruzBooy. "Sehat selalu @prabowo dan @gibran_tweet salam hangat kami dr Lombok," ucap @rais_syamsul.

"Good job pak @jokowi @prabowo @gibran_tweet, teruskan yang sudah baik, perbaiki yang kurang baik. Biarkan anjing menggonggong kalian santai saja sambil sruput kopi Hambalang," pungkas @genx36545403.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.