Dark/Light Mode

BKPRMI Siap Kelola Tambang Untuk Kepentingan Umat

Rabu, 12 Juni 2024 16:16 WIB
Ketua Umum DPP BKPRMI Datuk H Said Aldi Idrus. Foto: Istimewa
Ketua Umum DPP BKPRMI Datuk H Said Aldi Idrus. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) siap mengelola tambang yang diberikan Pemerintah. Jika diberi kewenangan, hasil dari pengelolaan tambang akan digunakan untuk kepentingan umat.

Ketua Umum DPP BKPRMI Datuk H Said Aldi Idrus menilai, kebijakan Presiden Joko Widodo memberikan Wilayah Izin Usaha Pertambangan Khusus (WIUPK) untuk Ormas Keagamaan amat tepat.

Kebijakan yang tertuang dalam PP Nomor 25 Tahun 2024 dapat membantu Ormas yang telah membina 1 juta guru mengaji dan ustad-ustadzah Al Quran yang selama ini insentifnya diberikan secara mandiri oleh kader BKPRMI di seluruh Indonesia.

Baca juga : BP Tapera: Dana Tapera Murni Untuk Peserta, Bukan Pembangunan IKN

Dikatakan, sejak berdirinya, BKPRMI telah banyak berkiprah dengan program keumatan, pendidikan, sosial, dan bahkan amal usaha.

"Sama seperti ormas keagamaan lainnya, BKPRMI juga telah memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan memberantas buta aksara Al Qursn dengan mewisuda 22 juta santri di seluruh Indonesia sejak tahun 1990. Kami selalu memberikan bantuan dism setiap kegiatan sosial dan tanggap bencana, memberikan pendidikan keagamaan dan bahkan mendidik anak-anak Islam menjadi penghafal Al Quran," papar Said Aldi dalam keterangannya, Rabu (12/6/2024).

Selain itu, lanjut Said Aldi, BKPRMI juga telah banyak melahirkan kader menjadi alim ulama, cendikiawan, pengusaha dan juga abdi dan pejabat negara.

Baca juga : Prabowo Senapas Dengan Jokowi

"Inilah yang menjadi keyakinan kita, bahwa BKPRMI bisa dan mampu menjaga kepercayaan yang diberikan Presiden Joko Widodo melalui Menteri investasi/kepala BKPM dalam mengelola tambang," tutur Ketua Umum Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Indonesia ini.

Meski harus diakui, tambah Said Aldi, pasca kebijakan Presiden Jokowi ini, muncul penilaian dari berbagai kalangan yang meragukan rasionalitas ormas keagamaan dalam melakukan analisis mendalam tentang pengelolaan tambang, karena di luar kompetensi tradisionalnya.

Namun setiap Ormas Keagamaan seperti BKPRMI, kata Said Aldi, memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai keahlian di berbagai bidang, tidak hanya bidang keagamaan saja.

Baca juga : FKPP Siap Kawal Mardiono Terus Jadi Pimpinan PPP

"Intinya, bila kebijakan ini berjalan, BKPRMI siap mengelolanya. Kita akan siapkan kader-kader yang ahli di bidang pertambangan dan lingkungan. Sehingga dalam pengelolaannya tidak merusak lingkungan," pungkasnya

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.