Dark/Light Mode

Ridwan Kamil Terima Gelar Doktor Honoris Causa Dari University of Glasgow

Rabu, 12 Juni 2024 20:56 WIB
Ridwan Kamil saat sidang senat pemberian gelar Doktor Honoris Causa di University of Glasgow, Inggris, Rabu (12/6/2024). (Foto: Ist)
Ridwan Kamil saat sidang senat pemberian gelar Doktor Honoris Causa di University of Glasgow, Inggris, Rabu (12/6/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ridwan Kamil diganjar gelar doktor honoris causa oleh University of Glasgow, yang merupakan salah satu universitas terbaik di dunia.

Gelar itu diberikan berkat perjuangannya yang tak kenal lelah dan banyaknya inovasi pembangunan yang dilakukan saat memimpin Bandung dan Jawa Barat (Jabar).

Pada pernyataan yang disampaikan dalam sidang senat pemberian gelar doktor honoris causa kepada RK, universitas asal Inggris itu menyebut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebagai sosok yang multitalenta.

Selain menjadi arsitek yang visioner, RK juga dinilai pemimpin penyayang dan penuh belas kasih, serta pribadi yang tidak pernah lelah berjuang demi kemajuan masyarakat.

”Perjalanannya dimulai di Kota Bandung,” kata Senior Vice Principal and Deputy Vice Chancellor University of Glasgow Professor Frank Coton, Rabu (12/6/2024).

Untuk diketahui, setelah lulus dari Institut Teknologi Bandung (ITB) RK memulai perjalanan sebagai arsitek dengan magang di salah satu firma arsitektur terkemuka di Amerika Serikat.

Baca juga : Airlangga Terima Penghargaan For Contribution To International Cooperation Dari Pemerintah Rusia

Suami Atalia Praratya itu kemudian melanjutkan studi di University of California dan mendapat gelar master of urban design.

Pada kesempatan itu, pihak kampus juga menyoroti positif kiprah RK saat menjadi arsitek di Hong Kong. Termasuk, saat RK bersama rekannya mendirikan Urbane Indonesia.

Menurut mereka, firma arsitektur yang berbasis di Bandung itu sudah berkembang pesat karena memiliki jangkauan yang luas baik dalam maupun luar negeri.

Bahkan, kinerjanya cukup mengesankan yang salah satunya adalah master plan Marina Bay Singapore.

Tak cuma itu, berkat tingginya kesadaran terhadap kondisi sosial masyarakat di Indonesia, RK juga dinilai arsitek yang tidak ragu mengulurkan tangan dan memberikan bantuan.

”Dia semakin dikenal sebagai ’Arsitek Rakyat’ atas proyek sosial probono yang menciptakan ruang-ruang publik di kawasan pemukiman padat penduduk di seluruh Indonesia,” kata Frank Coton.

Baca juga : 109 Mahasiswa Indonesia Lulus Dari Universitas Al-Ahgaff Yaman

Selain itu, Frank Coton menyebut, peran RK untuk menghadirkan perubahan yang lebih baik bagi masyarakat semakin terlihat setelah jadi pemimpin di Jawa Barat.

Baik saat menjadi Walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat. Kemampuan RK saat bertugas sebagai Gubernur bahkan telah diuji saat hadirnya masa-masa sulit pandemi Covid-19.

Namun, ia berhasil membuat sejumlah terobosan yang mampu menyelamatkan banyak nyawa.

”Komitmen anda terhadap pendidikan, berkelanjutan, dan keadilan sosial benar-benar menginspirasi,” tutur Frank Coton.

RK sendiri satu dari sepuluh nama yang menerima gelar doktor honoris causa di University of Glasgow.

Selain RK, ada beberapa tokoh besar lainnya yang menerima gelar tersebut. Mereka berasal dari beberapa negara seperti United Kingdom (UK), Ghana, dan Australia.

Baca juga : Max, Kucing Bergelar Doktor Honoris Causa

Di antaranya ada Professor Sir William Blair, Veronica Crosbie, dan Brian McBride.

Para penerima gelar doktor honoris causa itu berasal dari berbagai latar belakang dengan disiplin ilmu yang berbeda.

Sebelum menerima gelar honoris causa dari University of Glasgow, RK diajak untuk makan malam bersama para penerima gelar lainnya.

RK sempat mengunggah momen sebelum dan setelah menerima gelar doktor honoris causa dari University of Glasgow di akun Instagramnya.

Dalam unggahan tersebut, dia menyampaikan bahwa pencapaiannya tidak pernah lepas dari peran ibunya.

”Terima kasih Maci, ibunda tercinta, atas segalanya yang tidak mungkin bisa dibalas anakmu ini dengan setara. Semoga Allah selalu memuliakan hidupmu. Aamiin,” ungkap RK.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.