Dark/Light Mode

Universitas Pancasila Masuk 40 Kampus Swasta Terakreditasi Unggul BANPT

Senin, 17 Juni 2024 21:20 WIB
Universitas Pancasila (UP). Foto: Istimewa
Universitas Pancasila (UP). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Banyak kampus swasta di Indonesia yang memiliki kualitas setara dengan perguruan tinggi negeri (PTN) dan mampu menghasilkan lulusan yang siap terjun ke dunia kerja.

Kampus-kampus tersebut dapat menjadi pertimbangan bagi para siswa untuk mendaftar pada seleksi penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2024.

Dalam memilih kampus swasta yang berkualitas di antaranya dengan melihat akreditasi yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BANPT).

Baca juga : Menanam Nilai Pancasila Dalam Berbudaya Digital

Salah satunya adalah Universitas Pancasila (UP) sebagai Perguruan Tinggi yang terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan nilai-nilai luhur Pancasila telah mengantongi akreditasi Unggul dari BANPT.

UP saat ini dipimpin oleh Prof. Marsudi Wahyu Kisworo yang secara resmi dilantik sebagai rektor periode 2024 hingga tahun 2028 mendatang.

Prof. Marsudi yang merupakan profesor pertama IT di Indonesia ini juga sebagai Dewan Pengarah BRIN dan Komisaris ID Food, dianggap memiliki visi dan misi yang cocok dengan kebutuhan dunia kampus ke depan.

Baca juga : Universitas Al-Azhar Indonesia Sukses Raih Akreditasi Unggul

Jika selama ini UP lebih dikenal di Indonesia, Prof Marsudi berkomitmen akan membawa UP dikenal di dunia internasional.

"Saya bermimpi, ke depan di kampus ini para mahasiswa dari luar negeri akan belajar bersama-sama dengan kita, " ucapnya saat pelantikan rektor beberapa waktu lalu.

Untuk mencapai hal tersebut ia akan membenahi baik infrastruktur maupun sumber daya manusia di dalamnya, termasuk melakukan pembenahan dalam sistem belajar.

Baca juga : Ini Lho 2 RS Indonesia Yang Masuk Daftar Terbaik se-Asia Pasifik Versi Newsweek

"Sekarang masyarakat menuntut pembelajaran yang lebih menyenangkan, menggunakan teknologi digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Jadi ke depan kita akan ubah belajar lebih menyenangkan," ungkapnya.

Diketahui, BANPT merupakan lembaga pemerintah yang bertugas memberikan akreditasi resmi bagi universitas dan program studi di Indonesia.

Akreditasi yang diberikan oleh BANPT berkisar dari C hingga A, serta dari Baik hingga Unggul. Beberapa universitas bahkan memiliki status Tidak Terakreditasi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.