Dark/Light Mode

Anas Berharap Kurban Jadi Momentum Untuk Penyadaraan

Selasa, 18 Juni 2024 15:35 WIB
Ketua Presidium Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Anas Urbaningrum. (Foto: Ist)
Ketua Presidium Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Anas Urbaningrum. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Presidium Pimpinan Nasional Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Anas Urbaningrum menyatakan, ibadah kurban bukan saja peristiwa ritual tahunan, tapi momentum untuk penyadaran dan pembaharuan kader.

Hal itu disampaikan Anas disela-sela pembagian daging kurban di Jakarta, Selasa (18/6/2024). Menurutnya, PPI adalah organisasi sosial, dengan aktivitas utama di bidang sosial kebudayaan.

"Kurban adalah bagian dari kebudayaan nasional, bukan hanya milik umat Islam saja. Memang yang boleh berqurban hanya umat Islam, tetapi daging kurban boleh dibagikan kepada siapa saja yang kita nilai berhak dan layak mendapatkannya," kata Anas dalam keterangannya. 

Baca juga : Artha Graha Peduli Terima Dan Salurkan Ratusan Hewan Kurban Untuk Masyarakat

Menurutnya, pentingnya berbagi menjadikan budaya dan sarana memperteguh komitmen dan kejuangan kader-kader PPI.

Pararelitas kurban Idul Adha, solidaritas sosial, semangat berbagi, dan komitmen kejuangan PPI ini juga disampaikan oleh dua narasumber pada kegiatan diskusi selepas pembagian daging kurban di Duren Sawit. 

Iwan Nur Iswan, Anggota Presidium Pimnas PPI menyampaikan bagaimana ritual yang diawali Bapak Monotheisme, Ibrahim, ribuan tahun lalu telah menjadi tradisi besar yang dipatuhi umat Islam di seluruh dunia. 

Baca juga : Dubes Jepang Beri Penghargaan Untuk Penerjemah Tersumpah

“Jangan biarkan tradisi mulia yang besar ini kehilangan makna sejatinya, PPI harus terus menggali makna berbagi ini demi umat dan bangsa” pungkas Iswan.

Agenda PPI ini dihadiri puluhan pengurus dan kader PPI. Mereka antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung hingga sore hari.

PPI sejak kelahirannya 13 tahun yang lalu senantiasa menghormati perayaan Idul Adha dengan menyelenggarakan pembagian daging kurban kepada masyarakat sekitar. 

Baca juga : Koalisi Disabilitas Berharap Dilibatkan Bahas RPP Konsesi Penyandang Disabilitas

Pada Idul Adha tahun ini kader-kader PPI secara bergotong royong berhasil mengumpulkan delapan ekor sapi, pelaksanaan pembagian pada Selasa 18 Juni 2024 bertempat di Duren Sawit Jakarta Timur.

Agenda yang telah berlangsung selama 13 tahun ini didukung oleh jajaran pengurus dan kader yang tersebar di seluruh Indonesia dan termasuk dalam agenda utama organisasi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.