Dark/Light Mode

Citra Positif 89,4 Persen, Kepuasan Publik 75,6 Persen

Jelang Akhir Jabatan, Jokowi Makin Harum

Jumat, 21 Juni 2024 08:25 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi. (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang purna tugas yang tinggal 4 bulan lagi, Presiden Joko Widodo makin harum di mata rakyat. Tingkat kepuasan publik terhadap Pemerintahan ada di angka 75,6 persen, lalu citra positif Jokowi tembus 89,4 persen.

Skor cemerlang itu, tergambar dari hasil survei Litbang Kompas pada 27 Mei-2 Juni 2024 yang melibatkan 1.200 responden dari 38 provinsi di Indonesia. Tingkat kepercayaan survei ini mencapai 95 persen dengan margin of error kurang lebih 2,83 persen.

Dalam survei itu, tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi berada di angka 75,6 persen, naik 2,1 persen dari Desember 2023.

Baca juga : Presiden Seriusi Pelemahan Rupiah

Sektor stabilitas politik menjadi nilai paling tinggi yang diberikan publik. Sebanyak 85,5 persen responden menyatakan puas terhadap kinerja Jokowi di sektor ini. Kemudian, di bidang kesejahteraan sosial mencapai 82 persen dan kepuasan publik di sektor ekonomi 65,1 persen.

Apresiasi positif juga terlihat dari menurunnya tingkat ketidakpuasan terhadap Jokowi yaitu 24,4 persen saja. Tingkat ketidakpuasan itu bahkan tercatat paling rendah sejak survei periode kedua pemerintahan Jokowi dilakukan pada Oktober 2019.

Di sisi lain, upaya pemerintah mengatasi kemiskinan, meningkatkan kualitas pendidikan dan berbagai bentuk bantuan sosial (bansos) cenderung naik, tapi tak signifikan. Dari survei ini tampak apresiasi publik terhadap keberadaan bansos sangat besar, mencapai 21,7 persen. Namun, ada catatan mengenai pemerataan yang membuat responden kecewa.

Baca juga : Erick Dan 4 Ketum Parpol Ngumpul Di Kantor Prabowo

Sementara itu, sektor penegakan di bidang hukum juga perlu dijadikan catatan. Mengingat hanya 57,4 persen responden yang menyatakan puas terhadap pemberantasan suap, jual beli kasus, penuntasan kasus, hingga perlakuan aparat.

Litbang Kompas juga merilis hasil survei terkait citra positif Jokowi menjelang akhir jabatan Oktober mendatang. Tercatat, sebanyak 89,4 persen responden menilai citra Kepala Negara tetap baik, naik 8,1 persen dibanding survei pada Desember 2023 lalu.

Faktor yang mempengaruhinya, antara lain berasal dari penyelenggaraan pemilu yang berakhir tanpa konflik. Serta, sengketa Pemilu 2024 bisa diselesaikan secara utuh.

Baca juga : Dibahas Di Rapat Kabinet, Daun Kratom Jadi Naik Daun

Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana menyambut baik hasil survei ini. Menurutnya, survei ini jadi bukti program pemerintah dapat diterima dan dapat dirasakan langsung dampaknya oleh masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan, apresiasi dan dukungan yang diberikan berbagai elemen masyarakat kepada Presiden dan seluruh jajaran pemerintah,” ujarnya, saat dikonfirmasi, Kamis (20/9/2024).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.