Dark/Light Mode

Staf Hasto Minta KPK Ganti Penyidik Kasus Harun Masiku

Petrus Selestinus: Dia Tidak Hormati Hak-haknya Saksi

Jumat, 21 Juni 2024 07:40 WIB
Petrus Selestinus, Kuasa Hukum Kusnadi. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Petrus Selestinus, Kuasa Hukum Kusnadi. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi meminta  KPK mengganti penyidik kasus suap pergantian antar waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024, yang tersangkanya buron, Harun Masiku.

Melalui kuasa hukumnya, Kusnadi menilai, penyidik kasus ini, diduga tidak prosedural dan sewenang-wenang.

Menurut kuasa hukum Kusnadi, Petrus Selestinus, kliennya trauma menghadapi penyidik kasus ini, saat menemani Hasto menjalani pemeriksaan sebagai saksi, Senin (10/6/2024).

Baca juga : Pemerintah Serius Mau Sehatkan Ruang Digital

Saat itu, lanjut Petrus, dua penyidik KPK diduga memaksa Kusnadi menyerahkan ponsel dan beberapa barang pribadi. Padahal, saat itu Kusnadi hanya menunggu Hasto. Bukan diperiksa sebagai saksi.

Karena itu, kata Petrus, pihaknya meminta agar penyidik Rossa Purbo Bekti dan kawan-kawan diganti dengan penyidik lain, demi menjaga netralitas dan obyektivitas penanganan kasus ini. "Karena, sebelumnya terjadi  perampasan kemerdekaan,” tandasnya, saat menemani Kusnadi di Gedung KPK.

Selain minta ganti penyidik, Kusnadi juga meminta klarifikasi terhadap KPK tentang sejumlah dugaan kejanggalan administrasi pada pemeriksaan sebelumnya.

Baca juga : Pilkada Jakarta, Gerindra Ragukan Dukungan Ke Anies

Hal ini, menurut Petrus, berkaitan dengan kegiatan pemeriksaan, penggeledahan, penyitaan, dan penerimaan barang bukti. “Sikap penyidik Rossa ketika memeriksa Kusnadi, menunjukan perilaku offside, di luar SOP KPK,” tambahnya.

Namun, menurut Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika, tidak ada alasan kuat untuk mengganti Rossa dari posisi penyidik kasus ini. “Untuk penggantian penyidik, harus ada dasar yang kuat. Apakah  yang bersangkutan terkena kode etik, maupun hal-hal lain,” ucap Tessa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

Mantan penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap mewanti-wanti pimpinan KPK, agar tidak terpengaruh dengan narasi terkait kinerja Rossa. Menurut dia, langkah Rossa sudah tepat dalam mencari Harun Masiku.

Baca juga : Masyarakat Kudu Teliti

Untuk membahas topik tersebut lebih lanjut, berikut wawancara dengan Petrus Selestinus.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.