Dark/Light Mode

Pilkada Jakarta, Gerindra Ragukan Dukungan Ke Anies

Jumat, 21 Juni 2024 07:30 WIB
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. (Foto: Rizki Syahputra/RM)
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman. (Foto: Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anies Baswedan sudah memutuskan akan maju di Pilkada Jakarta 2024. Namun, dukungan penuh dengan pemberian tiket resmi mengusung Anies sebagai Calon Gubernur (Cagub), masih belum maksimal. Baru DPW PKB Jakarta yang memberikan rekomendasi. Sementara PKS, Partai NasDem, dan PDI Perjuangan (PDIP), masih saling lirik.

Artinya, hingga saat ini, belum ada satu pun partai yang sudah memberikan tiket reko­mendasi secara resmi dan koalisi, yang bisa mengusung Cagub-Cawagub Jakarta. Karena itu Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman melihat menilai, belum tentu Anies mendapatkan tiket maju di Pilkada Jakarta 2024. Menurutnya, dukungan PKB dan PKS kepada mantan Gubernur DKI Jakarta itu belum resmi di tingkat pengurus pusat.

Baca juga : Masyarakat Kudu Teliti

"Emang Anies udah fixed maju? Emang PKS, PKB sudah fixed memajukan Anies? Nggak juga. Karena kan baru di tingka­tan DPW. Itu belum ada hilal­nya-lah masing-masing," kata Habiburokhman di Kompleks DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/6/2024).

Wakil Ketua Komisi III DPR ini mengingatkan dua kali Pilkada Jakarta sebelum­nya. Pasangan Cagub-Cawagub biasanya diumumkan di menit terakhir. "Kita tunggu, mungkin sekitar akhir Juli. Tapi kalau mengacu dua Pilkada di DKI terakhir, Pak Jokowi last minute. Saat itu Gerindra sudah ham­pir mendaftarkan Fauzi Bowo, tetapi di last minutes komunikasi Pak Prabowo denganBu Mega mendukung Pak Jokowi," ujar Habiburokhman.

Baca juga : Presiden Putin Nggak Peduli Ancaman Barat

Begitu juga saat Partai Gerindra mengusung Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada Jakarta 2017, penentu­annya juga dilakukan saat last minutes. "Kalau Pak Anies sampai malam terakhir, masih misteri siapa yang akan di­usung untuk melawan Pak Ahok. Macam-macam nama tiba-tiba muncul Pak Anies," tuturnya.

Sekadar informasi, baru ada satu partai yang secara terbuka mengusung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini di Pilkada Jakarta 2024. Yakni DPW PKB Provinsi Jakarta. DPW PKS Jakarta sempat men­gumumkan dukungan kepada Anies. Namun belakangan,DPP PKS dikabarkan mendapatkan tawaran kursi bakal Cawagub Jakarta dari koalisi Indonesia Maju.

Baca juga : Akhirnya, Pilgub Jakarta Tak Ada Calon Independen

Sementara Anies terus mendapat dukungan dari berbagai elemen. Teranyar, organisasi masyarakat Pemuda Pancasila Jakarta menyatakan dukungan kepada Anies. Ketua Majelis Pimpinan Wilayah Pemuda Pancasila Jakarta, Ilyas Abdullah mengatakan alasan organisasinya mendukung Anies, adalah bentuk konsistensi. Sebab, saat Pilpres 2024, mereka mendukung Anies. "Ini konsitensi kami, tak pernah berubah," kata Ilyas.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis, 20 Juni 2024 dengan judul Pilkada Jakarta, Gerindra Ragukan Dukungan Ke Anies

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.