Dark/Light Mode

Diwisuda Seskoal

142 Prajurit TNI Raih Gelar Magister Strategi Operasi Laut

Jumat, 15 November 2019 20:32 WIB
Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian (kanan), bersalaman dengan wisudawan Pendidikan Reguler Angkatan ke-57 Seskoal, di Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). (Foto: Dok. Seskoal)
Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian (kanan), bersalaman dengan wisudawan Pendidikan Reguler Angkatan ke-57 Seskoal, di Seskoal, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). (Foto: Dok. Seskoal)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan Sidang Senat Terbuka Wisuda Pendidikan Reguler Angkatan ke-57, di Auditorium Jos Soedarso, KRI Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis (14/11). Sebanyak 150 wisudawan berhasil menyelesaikan Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan. Para wisudawan tersebut telah menyelesaikan studi 4 semester selama 44 minggu. 

Dari 150 wisudawan, sebanyak 142 adalah prajurit TNI. Mereka terdiri atas 138 Pamen TNI AL, 2 Pamen TNI AD, dan 2 Pamen TNI AU. Ada pun 8 wisudawan lainnya merupakan Pamen dari mancanegara. Masing-masing dari Angkatan Laut Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Pakistan, Singapura dan Thailand. Wisudawan terbaik di angkatan ini adalah Mayor Laut (P) Abdiyan, sebagai peraih penghargaan Dharma Wiratama Paripurna.

Baca juga : Indonesian Aid Tawarkan Bantuan Kemitraan Eksplorasi Laut

Prosesi wisuda dipimpin Komandan Kodiklatal, Laksamana Muda TNI Dedy Yulianto, selaku Direktur Politeknik Angkatan Laut. Dia didampingi Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Amarulla Octavian, selaku Direktur Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut. Turut hadir dalam sidang senat ini Dirjen Pembelajaran Mahasiswa Kemendikbud, Prof Ismunandar. 

Rangkaian wisuda juga menghadirkan Guru Besar Universitas Pertahanan, Laksamana TNI (Purn) Prof Marsetio. Prof Marsetio menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Sea Power Indonesia di Era Geomaritim Indo-Pasifik”. Ada pun undangan yang hadir adalah para pejabat dari Mabesal, Mabes TNI, Kemhan,  Sesko TNI, Seskoad, Seskoau, Sespimen Polri, para dosen dari beberapa universitas, para pakar dan pengamat militer, serta para Atase Pertahanan beberapa negara.

Baca juga : Didik Mukrianto Raih Gelar Doktor Hukum dengan Predikat Cum Laude

Acara dilanjutkan dengan penerimaan 150 wisudawan ke dalam Ikatan Alumni Seskoal (IKAS) oleh Pangkogabwilhan l, Laksdya TNI Yudo Margono, selaku Ketua IKAS. Selanjutnya dilaksanakan peluncuran buku terbitan Seskoal Press untuk pertama kalinya langsung dalam edisi bahasa Inggris. Buku ini berjudul “Indonesian Navy, Global Maritime Fulcrum and ASEAN”. Buku ini ditulis Laksda Amarulla Octavian. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.