Dark/Light Mode

AMANAH Ajak Pemuda Aceh Tumbuh Kembangkan Pertanian Modern

Rabu, 3 Juli 2024 09:28 WIB
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajak generasi muda Aceh mengembangkan sektor pertanian modern. Dengan semangat membangkitkan pertanian melalui modernisasi, AMANAH menggelar Talkshow bertajuk AMANAH AGRO TALK: Untungnya Bertani Ala Petani Milenial di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (2/7/2024).  (Foto: Ist)
Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajak generasi muda Aceh mengembangkan sektor pertanian modern. Dengan semangat membangkitkan pertanian melalui modernisasi, AMANAH menggelar Talkshow bertajuk AMANAH AGRO TALK: Untungnya Bertani Ala Petani Milenial di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (2/7/2024).  (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) mengajak generasi muda Aceh mengembangkan sektor pertanian modern. Dengan semangat membangkitkan pertanian melalui modernisasi, AMANAH menggelar Talkshow bertajuk 'AMANAH AGRO TALK: Untungnya Bertani Ala Petani Milenial' di Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Selasa (2/7/2024). 

Talkshow ini bertujuan untuk menginspirasi dan memberikan pemahaman yang lebih dalam mengenai potensi pertanian kepada anak muda Aceh. Program AMANAH ini juga menjadi bukti nyata bahwa dengan pendekatan yang tepat, pertanian modern bisa menjadi pilihan karir yang menarik dan menjanjikan bagi generasi muda Aceh.

Talkshow yang dipandu oleh Afla Nadya ini menjadi wadah diskusi bagi anak-anak muda Aceh, menghadirkan narasumber Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan Provinsi Jakarta dari Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) Vicky Shu. 

Lalu, Ketum Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan Kementan RI Sandi Octa Susila, Ketua Forum Pasar Tani Aceh Benni Baihaqi, Koordinator Wilayah Provinsi Aceh Duta Petani Milenial/Duta Petani Andalan Kementan RI, Marzuki, Young Ambassador Program Yess 2024 Kementan RI, Haris. 

Dalam acara itu, Marzuki menjelaskan mengenai konsep smart farming atau sistem pertanian pintar. Menurutnya, smart farming adalah budidaya tanaman yang menggunakan teknologi canggih untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian. Teknologi ini memungkinkan para petani untuk mengontrol dan mengelola lahan mereka dari jarak jauh. 

Baca juga : Milenial Dukung Kominfo Kembangkan Talenta Anak Muda Papua

"Smart farming sangat cocok untuk petani milenial yang akrab dengan teknologi," ujar Marzuki. 

Sementara Vicky Shu menekankan pentingnya kualitas dan konsistensi dalam memasarkan produk pertanian. Ia mengingatkan anak muda Aceh agar tidak takut menghadapi kerugian ketika memulai usaha pertanian. 

"Ketika kita takut rugi, artinya kita lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Padahal sebenarnya yang membuat konsumen tetap setia membeli produk kita adalah kualitasnya," ujar Vicky.

Benni Baihaqi menambahkan, kunci sukses dalam bersaing di pasar adalah branding yang konsisten. Menurutnya, branding yang kuat akan membuat produk pertanian lebih dikenal dan diminati oleh konsumen. 

"Kita harus berani melakukan branding agar produk kita dikenal dan dipercaya oleh konsumen," kata Benni, mendorong para peserta untuk berani memperkenalkan produk mereka dengan cara yang kreatif dan menarik.

Baca juga : Macan Kemayoran Pertahankan 5 Pemain Asing

Apresiasi

Sandi Octa Susila menyampaikan apresiasi atas program yang dijalankan oleh AMANAH. Dia menyebut bahwa inisiatif seperti ini sangat penting untuk meningkatkan soft skill dan hard skill para petani muda. 

"Program ini merupakan titik penting dalam pengembangan pertanian di Aceh, dan saya berharap lebih banyak anak muda yang terinspirasi untuk terjun ke sektor pertanian," kata Sandi.

Semenyara Haris, menyampaikan rasa bahagianya melihat antusiasme anak muda Aceh terhadap pertanian modern. 

"Pertanyaan-pertanyaan dari peserta menunjukkan semangat dan keinginan kuat mereka untuk belajar dan berkembang dalam bidang pertanian," ungkap Haris.

Baca juga : Garap Proyek Nexus, BI Kembangkan Sistem Pembayaran Cepat Antarnegara

Para peserta, seperti Farhan Alfitrah (23) dan Fefi Suryani (22), juga mengungkapkan rasa bahagia dan terima kasihnya kepada AMANAH. Farhan berharap agar acara serupa dapat digalakkan lagi di masa mendatang. 
"Acara ini sangat bermanfaat dan dapat melahirkan generasi petani yang baru untuk Aceh," ujar Farhan.

Sebagai informasi, pembangunan Youth Creative Hub Aceh atau Gedung Pusat Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (AMANAH) untuk memfasilitasi pengembangan segala potensi yang ada di Aceh, baik sumber daya manusia (SDM), maupun sumber daya alam (SDA). Hal itu dikelola untuk kemajuan Indonesia, khususnya rakyat Aceh.

 Gedung AMANAH ini pertama kali ada di Aceh. Dibangun diatas tanah seluas 5 hektar, dengan bangunan seluas 1,9 hektar. 

AMANAH bukan hanya sekadar bangunan fisik, melainkan menjadi wadah bagi anak muda Aceh untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. Dengan berbagai fasilitas dan program, AMANAH diharapkan dapat menjadi katalisator bagi kemajuan di berbagai sektor, seperti perkebunan, pertanian, perikanan, termasuk teknologi hingga pengembangan UMKM.

AMANAH memiliki fungsi AMANAH diantaranya menjadi pusat kreatifitas berbasis Aceh, pelatihan dan workhshop, inkubator UMKM, ruang kolaborasi, galeri seni dan pameran, sentra teknologi, program kreatif berbasis lingkungan, kegiatan budaya dan seni, hingga kemitraan dan jaringan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.