Dark/Light Mode

Dapat Satya Lencana Kebaktian Sosial, Bupati Klungkung Janji Kerja Lebih Baik Lagi

Minggu, 22 Desember 2019 15:01 WIB
Bupati Kabupaten Klungkung, I Nyoman Suwirta (kedua kanan) saat menerima penghargaan Satya Lencana Kebangkitan Sosial (SLKS) dari Wapres Ma`ruf Amin, di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Minggu (22/12). (Foto: Istimewa)
Bupati Kabupaten Klungkung, I Nyoman Suwirta (kedua kanan) saat menerima penghargaan Satya Lencana Kebangkitan Sosial (SLKS) dari Wapres Ma`ruf Amin, di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Minggu (22/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, menjadi salah satu kepala daerah yang mendapat penghargaan Satya Lencana Kebaktian Sosial puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-62 tahun 2019, di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Minggu (22/12). Suwirta bertekad menjadikan penghargaan ini untuk memacu kinerjanya menjadi lebih baik lagi.      

Penyerahan anugerah ini dilakukan Wapres Ma'ruf Amin pada puncak Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) ke-62, di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Minggu (22/12). Menteri Sosial, Juliari Batubara, menyebutkan tema leringatan tahun ini "Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas". Kesetiakawanan sosial adalah tindakan sikap saling peduli dilansasi dengan keiklasan untuk meningkatkan harkat hidup masyarakat Indonesia.    

Menurut Mensos, sikap saling membantu harus selalu ditumbuhkan dikalangan masyarakat Indonesia. Melalui Peringatan HKSN tahun ini pihaknya berharap dapat menjadi pengungkit untuk meningkatkan rasa Kesetiakawanan Sosial di masyarakat. Salah satu upayanya yang dapat dilakukan yakni melalui pembinaan karakter. "Suka membantu orang lain dengan iklas itulah setia kawan," ujar Mensos.       

Baca juga : Mahathir Luncurkan Kerangka Kerja Kebijakan Luar Negeri

Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Mensos dan Gubernur Kalsel atas terselengaranya HKSN 2019 ini. Wapres menyampaikan, Kesetiakawanan Sosial harus tetap kuat di masyarakat. Dengan adanya peringatan HKSN ini, setiap warga harus mampu menerapkan nilai dasar saling peduli didasari dengan kerelaan dan keikhlasan. "Peringatan HKSN seperti ini menjadi stimulus kegiatan sosial di masyarakat," ujar Wapres.       

Wapres menambahkan  peran Kesetiakawanan Sosial sangat penting. Karena bisa membantu menurunkan angka ketimpangan dan mengurangi kemiskinan. "Semua agama mengajarkan kita untuk saling membantu dan saling berbagi," ujar Wapres. 

Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta, mengaku telah melakukan langkah-langkah menggali data di masyarakat dengan turun melakukan bedah desa. Setelah itu, dibuatkan tajuk rencana mengenai yang harus dilakukan.         

Baca juga : Bahayakan Keselamatan, Drone Dilarang Terbang Di Area Bandara

Dalam hal penanganan masalah sosial ketika turun ke lapangan, Suwirta juga tidak segan membantu warga yang tidak memiliki sambungan listrik untuk mencarikan sambungan baru, memberikan pekerjaan bagi penyandang disabilitas produktif, memberangkatkan anak keluarga miskin ke kapal pesiar, dan lainnya.      

"Semua yang saya lakukan itu didasarkan dengan komitmen yang tulus untuk menyelesaikan masalah ini. Saya tidak mau nanti ada orang miskin yang tidak mendapatkan hak-haknya, ada masyarakat yang produktif yang tidak bekerja," ujar Suwirta. 

Terkait penghargaan ini, Suwirta mengucap rasa syukur atas yang diraihnya. Penghargaan ini diharapkan semakin memberikan motivasi untuk bekerja dan tentunya dipersembahkan kepada seluruh jajaran Pemda Klungkung dan seluruh masyarakat Klungkung. "Penghargaan ini tentunya berkat kerja team work Pemkab Klungkung dan kita persembahkan untuk masyarakat Klungkung," pungkasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.