Dark/Light Mode

Haruskah Jokowi Turun Tangan?

Gibran: Saya Nggak Butuh

Selasa, 24 Desember 2019 07:46 WIB
Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, saat blusukan ke Pasar Klewer Solo, Senin (23/12). (Foto: Instagram)
Putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, saat blusukan ke Pasar Klewer Solo, Senin (23/12). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka ngebet maju Pilkada Kota Solo. Kendati begitu, dia menegaskan, tidak butuh bantuan bapaknya untuk memuluskan jalannya itu. Karena, urusan bapaknya sebagai presiden sudah terlalu banyak.

Gibran mengatakan, Jokowi mendukung dirinya maju menjadi Wali Kota Solo. Namun, dia sangat pede bisa memenangkan hati masyarakat Solo, tanpa campur tangan bapaknya.

“Bapak mendukung. Tapi saya nggak butuh (bantuan). Ngapain Bapak meng-endorse saya,” ujar Gibran usai blusukan ke Pasar Klewer, Solo, kemarin.

Ayah Jan Ethes ini mengaku, selama proses pencalonannya, Jokowi tak pernah turun tangan. “Presiden urusane akeh kok ngurusi hal-hal cilik (presiden urusannya banyak kok mengurusi hal-hal kecil),” ujarnya.

Baca juga : RI Dan Timur Leste Komitmen Tangani Sampah Plastik Di Laut

Sejauh ini, Gibran mengaku, hanya ditemani warga dan relawan pen dukungnya. “Saya sendiri cukup, nggak perlu Bapak turun tangan. Kayak apa aja to? Saya ke mana-mana sendiri. Daftar fit and proper test sendiri. Yang nemenin ya warga, relawan. Sudah itu lebih dari cukup,” kata Gibran.

Soal dinasti politik, Gibran berkali-kali membantah pencalonannya sebagai Wali Kota Solo, memanfaatkan posisi bapaknya yang kini menjadi presiden. “Loh yang penting tidak ada penunjukan, saya ikut kontestasi semua mekanisme saya lalui. Menang dan kalah kembali pada pilihan masyarakat,” tandasnya.

Sejauh ini, Gibran telah menjalani fit and proper test bakal calon Wali Kota Solo PDIP. Setelah itu, Gibran langsung melakukan blusukan di Solo. Misalnya, Minggu (22/12), Gibran blusukan dengan nyemplung ke kali, di wilayah Gambir Sari Kelurahan Joglo, Banjarsari, untuk kerja bakti.

Lewat akun resmi instagram @ gibran_rakabuming, ia membagikan foto dirinya tengah berada di sebuah ka li yang kotor oleh sampah plastik. Ia mengenakan, atasan kaos polos putih dan celana hitam lengkap. Tak lupa, dia memakai sepatu boots dan nampak tengah mengayunkan cangkul.

Baca juga : Jokowi: Korupsi Hancurkan Kehidupan Negara dan Rakyat

Namun, hingga kini Gibran belum mendapatkan kepastian tiket dari PDIP. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, nasib Gibran yang maju dalam pilkada Solo bergantung pada keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Untuk diketahui pencalonan Gibran terganjal syarat internal partai, di mana calon kepala daerah dari PDIP minimal sudah tiga tahun menjadi kader. Sementara, Gibran baru mendaftar sebagai kader PDIP pada September lalu.

"Ibu ketua umum, Ibu Megawati Soekarnoputri, memiliki hak dalam menetapkan pimpinan daerah yang diusung sebagai calon kepala daerah, karena berkaitan dengan agenda strategis partai,” ujar Hasto.

Hasto mengatakan, dalam proses pencalonan kepala daerah, PDIP memang melakukan dua cara, yakni penjaringan internal maupun pemetaan politik.

Baca juga : Harus Berangkatkan Ofisial dengan Biaya Mandiri, PBMI Kecewa

Untuk syarat minimal tiga tahun sebagai kader, diakui Hasto merupakan upaya penjaringan internal kader. Sementara untuk mengusung siapa yang maju, harus melihat pemetaan politik.

Bagaimana kans Gibran memenangi Pilkada Solo? Pengamat Politik Hendri Satrio menilai, peluangnya sangat besar. Gibran dari kalangan milenial. Nah, saat ini adalah momentum dan tahunnya para generasi muda jadi pemimpin. Namun, tak bisa dipungkiri isu dinasti politik pasti akan mengiringi langkahnya Gibran. Karena itu, Gibran harus jarang-jarang tampil bersama Jokowi untuk menghindari tudingan itu.

“Inilah PR Gibran, harus meyakinkan masyarakat Solo bahwa dia adalah Gibran anak muda yang pantas. Bukan Gibran numpang tenar dari anaknya Jokowi,” saran Hendri.

Selain itu, lanjut Hendri, Gibran harus jadi anak muda yang sopan dan tahu unggah-ungguh. Harus rajin turun ke bawah dan sowan kepada senior-seniornya di PDIP Solo. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.