Dark/Light Mode

Di Daerah Ini Gerhana Matahari Cincin Terlihat Sempurna

Kamis, 26 Desember 2019 13:24 WIB
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: net)
Ilustrasi gerhana matahari cincin. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dilalui gerhana matahari cincin, hari ini. Fenomena alam tersebut terlihat sempurna di daerah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh

"Gerhana matahari cincin terlihat sempurna di Simeulue, Aceh dengan durasi dua menit lebih," kata Tim Falakiyah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh Alfirdaus Putra seperti dikutip dari Antara di Simeulue, Kamis (26/12).

Baca juga : Catat, Ini 25 Kota di Indonesia Yang Dilintasi Gerhana Matahari Cincin

Menurutnya, gerhana matahari cincin yang melintasi langit Simeulue pada pukul 11.53 menit 51 detik hingga berakhir pada pukul 11.56 menit 54 detik. Puncak gerhana matahari cincin pada pukul 11.55 menit 20 detik.

"Alhamdulillah Aceh bisa melihat gerhana matahari dengan baik dari mulai pertama hingga selesai," katanya.

Baca juga : Musim Hujan Tiba, Ini Tips Agar Dinding Tak Rembes

Gerhana matahari melintasi langit di seluruh kabupaten/kota di provinsi paling barat Indonesia tersebut. Namun hanya di Kabupaten Simeulue dan Aceh Singkil yang berlangsung gerhana matahari cincin, sedangkan daerah lain gerhana matahari sebagian.

"Titik sentral di Simeulue. Di Aceh Singkil juga terlihat tapi tidak sesempurna di Simeulue," kata Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh.

Baca juga : PM Termuda di Dunia Ini Ternyata Dibesarkan Ortu Sejenis

Momen pemantauan gerhana matahari cincin dimanfaatkan sebaik mungkin masyarakat Simeulue. Ribuan warga memadati halaman Masjid Baiturrahmah Sinabang untuk menyaksikan fenomena dalam 150 tahun tersebut. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.