Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tinjau Posko Banjir Tangerang, Erick Pastikan Bantuan Tersalurkan ke Seluruh Korban

Minggu, 5 Januari 2020 19:57 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) didampingi President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat meninjau Posko Penanganan Banjir BUMN di ke Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Minggu (5/1). (Foto: Dok. AP II)
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) didampingi President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin saat meninjau Posko Penanganan Banjir BUMN di ke Kecamatan Teluk Naga, Tangerang, Minggu (5/1). (Foto: Dok. AP II)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir turun langsung meninjau lokasi banjir di Kabupaten Tangerang. Erick datang ke Kecamatan Teluk Naga, Minggu (5/1). Erick juga memantau kegiatan penyaluran bantuan melalui posko penanganan banjir BUMN yang didirikan oleh Angkasa Pura II, PT INKA, Airnav Indonesia, PT Rajawali Nusantara Indonesia, dan PT Sarinah.

Pada kesempatan ini, Erick menyampaikan bahwa Kementerian BUMN akan berusaha secara maksimal untuk bisa memberikan yang terbaik bagi warga korban terdampak banjir. Dirinya juga berupaya memastikan seluruh korban telah menerima bantuan. 

“Kami dari Kementerian BUMN akan bahu membahu meringankan beban warga korban bencana banjir. Saya akan pastikan semua bantuan tersalurkan dengan baik. Semua korban harus menerima bantuan ini," ujar Erick. 

Baca juga : Ace Hasan Minta Anak-Anak Tetap Sekolah

Dalam upaya penyaluran bantuan, kata Erick, perlu dilakukan kerja sama dari semua pihak. Sehingga warga dapat memperoleh bantuan dengan mudah dan tak ada lagi keluhan terkait kendala penyaluran bantuan. 

"Saya apresiasi kekompakan tim Penanganan Banjir Lintas BUMN. Ini contoh sinergi BUMN dengan melibatkan swasta dan stakeholder terkait yang sangat baik. Angkasa Pura II sebagai Koordinator Wilayah Tangerang proaktif dalam hal ini dan saya mengapresiasi kekompakan tim di posko ini," lanjut Erick.

Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN untuk Wilayah Tangerang telah menyalurkan sejumlah kebutuhan rumah tangga bagi warga yang masih berada di pengungsian. Selain itu juga terdapat pos pelayanan kesehatan yang dilengkapi dengan hadirnya bantuan tenaga kesehatan seperti dokter, ambulance serta Trauma Healing Center.

Baca juga : Bantu Korban Banjir, Baznas Baznis DKI Berikan Layanan Kesehatan

"Itulah kenapa kita perlu kordinasi dengan semua elemen, termasuk pemerintah Kabupaten Tangerang dan perangkatnya. Warga juga sudah menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang perlu diperbaiki supaya musibah ini tidak terulang kembali seperti perbaikan tanggul dan bendungan, kebutuhan air bersih. Peralatan sekolah bagi anak-anak juga harus ada. Dapur umum juga sudah ditambah dan bisa menyiapkan 2.000 paket makanan. Yang penting kebersihannya dijaga," tutup Erick

Sekda Kabupaten Tangerang. Moch. Maesyal Rasyid, mengungkapkan rasa syukur dan terimakasihnya kepada BUMN yang telah membantu masyarakat Kabupaten Tangerang yang terkena musibah banjir di wilayah Teluk Naga. “Alhamdulillah Saya bersyukur atas kepedulian dari BUMN, dan saya harap agar bantuan ini terdistribusi dengan baik, dan baiknya penyaluran bantuan terus berkoordinasi dengan kecamatan agar bisa terdistribusi dengan benar dan tepat sasaran,” tutur Sekda.

Di tempat yang sama, President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menjelaskan bahwa bantuan Tim Penanganan Banjir Lintas BUMN dapat mencakup 15.000 korban banjir. Adapun nilai bantuan yang sudah disalurkan hingga saat ini mencapai Rp 261 juta. “Sinergi antar BUMN mampu menjangkau 15.000 korban banjir dan segala bentuk bantuan akan kami catat dan kami update. Bantuan yang masuk bukan dari BUMN saja tapi banyak support juga dari komunitas dan asosiasi yang mengirim bantuan," ungkap Awaluddin.

Baca juga : Pertamina Berikan Bantuan Logistik, Kesehatan Dan Ganti Oli Gratis

Lebih lanjut, pihaknya juga telah melakukan tinjauan serta menyalurkan bantuan di wilayah lainnya seperti Bekasi dan rencananya juga akan berkunjung ke sekitaran Halim Perdanakusuma. “Kami juga sudah bergerak sampai ke daerah Bekasi dan rencananya juga akan ke Halim. Kami akan terus update dan proaktif dalam menyalurkan bantuan ke beberapa daerah terdampak banjir. Kita juga sudah berkordinasi dengan tim trauma healing center. Mudah-mudahan kehadiran kami dapat meringankan beban warga dan harapannya kondisi dapat pulih secepatnya," tutup Awaluddin. 

Hingga kini, tercatat masih terdapat sekitar 2.000 warga yang mengungsi di Posko Pengungsian Teluk Naga dan secara keseluruhan tercatat warga yang terdampak banjir di wilayah Kabupaten Tangerang sebanyak 15.232 warga yang terdiri dari 5 Kecamatan yakni Bati Ceper, Cipondoh, Neglasari, Teluk Naga, dan Kosambi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.