Dark/Light Mode

Tinggalkan Blitar untuk Naik Jabatan, AKBP Buher Diiringi Doa Kaum Disabilitas

Sabtu, 15 Februari 2020 19:50 WIB
AKBP Budi Hermanto menggendong seorang penyandang disabilitas di acara Blitar Berbagi Senyum, Sabtu, (15/2). (Foto: Istimewa)
AKBP Budi Hermanto menggendong seorang penyandang disabilitas di acara Blitar Berbagi Senyum, Sabtu, (15/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Langkah AKBP Budi Hermanto akan mengeban jabatan baru sebagai Wadir Resnarkoba Polda Kalimantan Selatan (Kalsel). Namun, hal terasa berat. Bukan soal amanah, melainkan begitu banyak kenangan yang harus ditinggalkannya di Kabupaten Blitar.      

AKBP Budi Hermanto sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Blitar. Meski menjabat hanya empat bulan, sosok Buher, sapaan lulusan Akpol tahun 2000 ini, mampu memberikan kesan mendalam bagi masyarakat dan pemerintah setempat.         

“Jika boleh memilih, kami sangat berharap Kapolres Buher masih di Blitar. Namun, kariernya harus terus naik. Kami doakan sukses di tempat yang baru,” ujar Bupati Blitar, Rijanto, pada acara Blitar Berbagi Senyum, Sabtu, (15/2).         

Baca juga : Bamsoet Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Cililitan

Blitar Berbagi Senyum merupakan acara yang digelar Polres Blitar yang berisi penyerahan Al-Qur'an Braile, kursi roda, kaki palsu, dan brace bagi kaum disabilitas. Acara ini merupakan salah satu rangkaian perpisahan Buher. Acara terasa spesial karena dihadiri putri Wakil Presiden, Siti Nur Azizah Ma’ruf, bersama suaminya, Muhammad Rapsel Ali, dari Komisi VIII DPR.

“Melihat kepedulian dan keberhasilannya membina kaum disabilitas di Blitar, kita berharap akan lahir pejabat-pejabat lain seperti Buher,” puji Azizah.           

Polres Blitar di tangan Buher memang berhasil membina kaum disabilitas di daerah tersebut. Mereka yang selama dipandang sebelah mata, mampu dilatih untuk menghasilkan karya bernilai ekonomi. Batik percik karya kaum disabilitas binaan kini sukses menembus pasar internasional.        

Baca juga : Kemenhub Sediakan Bus Mudik Gratis Bagi Penyandang Disabilitas

“Bagi kami, AKBP Buher adalah sosok polisi langka. Tak banyak yang punya kepedulian seperti dia. Misi kami sama dengan beliau, membina kaum disabilitas yang selama ini kurang mendapat perhatian,” tutur Ali Sadikin dari Kick Andy Foundation.         

Usai acara Blitar Berbagi Senyum, suasana haru terlihat saat sejumlah penyandang disabilitas mengucapkan salam perpisahan untuk Buher dan istri. Semakin emosional saat Buher bersedia memenuhi permintaan seorang anak yang ingin digendong menuju kendaraan yang membawanya pulang.       

“Doa kami untuk Pak Kapolres. Semoga sukses di tempat yang baru. Kami tak akan pernah melupakan kebaikan dan perhatian selama beliau menjabat,” ungkap seorang penyandang disabilitas. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.