Dark/Light Mode

Komitmen Pada Bidang Pendidikan

Pertamina Siap Bangun Yayasan Sentral Kampung Inggris di Lawe-lawe

Selasa, 17 Maret 2020 09:45 WIB
Komitmen Pada Bidang Pendidikan Pertamina Siap Bangun Yayasan Sentral Kampung Inggris di Lawe-lawe

RM.id  Rakyat Merdeka - Peletakkan batu pertama sentral Kampung Inggris dan kreativitas masyarakat, yang merupakan kerja sama Pertamina RU V Balikpapan dan Sansis Children Village, yang berada di bawah naungan Kelurahan Lawe-lawe telah dilaksanakan pada Senin (16/3).

Acara dibuka oleh Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan serta Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Drs. Alimudin, MSi.

Turut hadir dalam acara  tersebut, pihak Pertamina yang diwakili Sec.Head CSR & SMEPP, Cecep Supriyatna , jajaran pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kepala Dinas Budaya Pariwisata Andi Israwati, Kepala Dinas Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Firmansyah, dan Lurah Lawe-Lawe Mardani.

Baca juga : Satu SPBU Diterjang Puting Beliung, Pertamina Optimalkan Penyaluran di Ambarawa

Peletakan batu pertama ini merupakan penanda adanya pengembangan dan lanjutan program CSR Pertamina (Persero) RU V Balikpapan pada bidang pendidikan, yaitu pendirian yayasan yang bekerja sama dengan yayasan Sansis Children.

Program CSR ini sudah berjalan sejak tahun 2019. Sedangkan Program Sentral Kampung Inggris dan Kreativitas Masyarakat di Kelurahan Lawe-lawe, telah berlangsung sejak tahun 2017.

Yayasan Sansis Children Village bersama Pertamina selanjutnya akan mengembangkan program International Language pada lahan lebih kurang 3.145 m2. Tak hanya fokus pada program bahasa Inggris, namun juga program bahasa Arab dan Mandarin.

Baca juga : Hore, Petambak Udang Binaan Pertamina Dapat Kesempatan Ikut Sertifikasi

Untuk kreativitas masyarakat akan dilaksanakan program biogas, pertanian, dan budidaya mangrove sebagai upaya peningkatan perekonomian masyarakat. Khususnya, Kelurahana Lawe-lawe.

Roberth Marchelino Verieza, Region Manager Comm, Rel & CSR Kalimantan mengungkapkan, untuk tahun 2019, RU V Balikpapan membantu kegiatan sentral kampung Inggris untuk sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar, mulai dari peralatan hingga meubelair sekolah sebanyak 50 unit.

"Untuk tahun 2020 ini, diserahkan kembali bantuan seperti tahun 2019, dengan total 120 unit yang diserahkan dalam acara peletakan batu pertama Sentral Kampung Inggris dan kreativitas Masyarakat," ujar Roberth.

Baca juga : Warganet Turki Pertanyakan Lelucon Erdogan Soal Tentara yang Meninggal di Idlib

Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah berkomitmen terhadap pengembangan program CSR di Kabupaten Penajam Paser Utara, khususnya Program Kampung Inggris.

Pembangunan yayasan ini adalah salah satu upaya penngembangan daerah. Melalui program Sentral Kampung Inggris, masyarakat diharapkan memiliki keterampilan berbahasa dalam menghadapi persaingan global. Demi menciptakan Kabupaten Penajam Passr Utara yang maju, modern dan religius.

Selain program pendidikan, Pertamina juga melaksanakan kegiatan CSR pada bidang lingkungan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. Selain Kelurahan Lawe-lawe, program CSR Pertamina juga dilaksanakan di Kelurahan Penajam, Giri Mukti dan beberapa daerah lainnya di Kabupaten Penajam Paser Utara. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.