Dark/Light Mode

Warganet Turki Pertanyakan Lelucon Erdogan Soal Tentara yang Meninggal di Idlib

Selasa, 3 Maret 2020 21:01 WIB
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Istimewa)
Recep Tayyip Erdogan (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warganet Turki menyuarakan kecaman di media sosial atas sikap Ketua Umum Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP) sekaligus Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, atas lelucon soal pasukan Turki yang meninggal di Idlib naik menjadi 36 orang. Mereka mempertanyan memangaku Erdogan menganggap hal itu sebagai sesuatu yang lucu.

Lelucon yang dimaksud terjadi saat pertemuan Erdogan dengan wakil-wakil partainya, di Istanbul. Pertemuan tersebut adalah momen pertama kalinya Erdogan muncul di hadapan kamera setelah kabar kematian 33 tentaranya di Idlib akibat serangan rezim Suriah. Menantu Erdogan, yaitu Menteri Keuangan Berat Albayrak, juga hadir dalam pertemuan itu.

Baca juga : Menag Upayakan Perpanjangan Visa Calon Jemaah yang Gagal Umroh

Masyarakat Turki mengecam lelucon dan tawa yang dibuat Erdogan, entah sengaja atau tidak, di tengah kedukaan Turki karena kehilangan 33 prajuritnya. Mereka menilai, sikap itu tidak tepat dan tidak manusiawi. Karenanya, warganet Turki membuat tagar #negülüyorsunerdogan di twitter. Kurang lebih artinya 'apa yang anda tertawakan, Erdogan?'

Dalam sebuah unggahan, warganet menuliskan "Suara Anda tidak terdengar saat Cengiz Ergün dan Özgür Özel tertawa di pemakaman para martir? Mengenai bisnis Anda, bukan?," tulis @taha**. Unggahan itu disertai video pendek yang memperlihatkan dua orang yang diduga pejabat pemerintahan Turki tengah bercanda.

Baca juga : AirNav Transparan dan Diaudit

Dilansir media lokal Turki, Bold Medya, jumlah masyarakat Turki yang menulis dan mendukung tagar itu telah melampaui 100 ribuan dalam waktu singkat. Tagar tersebut menjadi daftar trending topic Twitter.

Beberapa cuitan tersebut antara lain datang dari pemilik akun @ccanannnnnn yang menuliskan, “82 juta orang sedang menangis dan hanya beberapa orang yang tertawa. Mereka tidak tidur berhari-hari, sementara hanya satu yang membuat mereka mempermalukan kemanusiaan kita”.

Baca juga : Turis China Pengidap Covid-19 Meninggal Dunia di Prancis

Lalu, ada pemilik akun @enginozkoc, yang mencuitkan kalimat, “Prajurit Tuhan ketika di kepung di Suriah. 36 martir putra tanah air masih bergulat dengan kematian. #negülüyorsunerdogan.” [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.