Dark/Light Mode

Kartika Indonesia Beri Dukungan Moril ke Mendagri Tito Karnavian

Minggu, 22 Maret 2020 06:01 WIB
Para relawan Kartika Indonesia (Foto: Istimewa)
Para relawan Kartika Indonesia (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kartika Indonesia (Komando Relawan Tito Karnavian) prihatin melihat situasi nasional saat ini. Sebab, banyak hal seringkali disangkut-pautkan dengan politik. Termasuk menyangkut Mendagri, Tito Karnavian. Untuk itu, mereka merasa perlu memberikan dukungan ke Tito yang notabene bukan berasal dari partai politik.

"Ketika situasi nasional selalu disangkutpautkan dengan politik, kami merasa perlu menguatkan institusi pemerintahan. Kami mendukung Menteri Dalam Negeri dengan memberikan supporting moril ke Mendagri, Tito Karnavian," ujar Roger Messe, perwakilan Kartika Indonesia dari Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (21/3).        

Baca juga : Dubes Jepang Untuk Indonesia Pamer Makan Mie Di Instagram

Dukungan itu dilakukan dengan pola lingkar kurung bungkus. Yakni melakukan pendekatan kepada Karang Raruna di wilayah, yang melibatkan RT dan RW.         

Pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat hingga tingkat ke bawah untuk memberikan panduan bagaimana berkomunikasi dengan pemerintah. "Misalnya dengan RT, RW, Bimas, Babinsa, Lurah, Camat, Koramil, Polsek," sebut pria asal Sorong, Papua, itu.        

Baca juga : Sri Mul: Anggaran Aman, Tapi Logistik Masih Jadi PR

Relawan ini terbentuk atas keinginan untuk mengajak pemuda dan masyarakat secara totalitas mendukung dan mendengarkan imbauan-imbauan pemerintah. "Kami mendukung secara totalitas pemerintah yang sekarang ada, khususnya mengawal Pak Tito sebagai Mendagri," imbuhnya      

Roger melanjutkan, posisi Tito selaku Menteri yang tidak diback-up partai dinilai punya kerawanan tersendiri. Berbeda ketika menduduki jabatan di institusi Polri. "Saat ini beliau ada dalam posisi sipil, sebagai Mendagri. Sehingga perlu penguatan sipil," tuturnya.        

Baca juga : RI Larang Masuk dan Transit Pendatang dari 8 Negara Eropa

Sementara Polri, lanjutnya, tidak bisa memberi dukungan secara politik. Parpol, diyakininya juga tidak akan memberi dukungan karena Tito bukan kader partai mana pun. "Tapi kami mau sampaikan bahwa Pak Tito tidak sendirian. Masih ada kami masyarakat dan masih ada pemuda yang mencintai bangsa ini," tegas Roger.        

Dukungan moril ini diberikan, karena dilihat dari pengabdiannya kepada negara, relawan Kartika Indonesia percaya Tito sangat mencintai Indonesia. "Rakyat akan selalu bersamanya," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.