Dark/Light Mode

Terdengar Sampai Bogor, Dentuman Keras Bukan Dari Anak Krakatau Dan Gempa

Sabtu, 11 April 2020 08:41 WIB
Ilustrasi malam. (Foto: net)
Ilustrasi malam. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Suara dentuman keras terdengar di Jakarta, Depok, hingga Kabupaten Bogor. Suara terdengar beberapa kali sekitar pukul 02.00 WIB. Dentuman bahkan mengakibatkan bergetar. Apakah suara itu akibat erupsi Gunung Anak Krakatau?

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan, suara dentuman keras semalem bukan karena Gunung Anak Krakatau yang sedang erupsi. "Terlalu jauh jika terdengar hingga Jakarta dan Depok," katanya, Sabtu (11/4).

Baca juga : Langgar PSBB, PJR Keluarkan Pengendara Dari Jalan Tol

Bahkan, kata Kasbani, suara dentuman Gunung Anak Krakatau tidak terdengar di Pos Pantau PVMBG. Pos pantau tersebut hanya berjarak 50 kilometer atau tepatnya di Pantai Carita, Banten.

"Bukan ari Anak Krakatau, karena letusannya dikategorikan miskin akan gas, lebih bersifat aliran," kata Kepala Bidang Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan.

Baca juga : Selama PSBB, Warga Jabodetabek Dapat Bantuan Pangan Dari Pemerintah Pusat

Menurut Hendra, tidak terdengar bunyi letusan dari Gunung Anak Krakatau sejak semalam. Letusan dinilai relative kecil.

Lalu apakah dari gempa? Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengatakan, dentuman yang terdengar bukan berasal dari gempa. Sebab, sejauh ini tidak tercatat adanya gempa yang signifikan.

Baca juga : Hasil Sidak Mentan, Pasokan Daging Aman Hingga Lebaran

"Dari monitoring yang dilalukan Stasiun Geofisika BMKG di Bandung tidak ada kejadian gempa signifikan," ujarnya.

Meski begitu, BMKG akan mengecek segala kemungkinan terkait sumber dentuman. Salah satunya yakni petir. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.