Dark/Light Mode

Hari Kartini, Sri Mul Puji Petugas Medis Di Garis Terdepan Melawan Corona

Selasa, 21 April 2020 13:36 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat mengucapkan Selamat Hari Kartini pada petugas medis yang sedang bertugas di masa pandemi Corona. (Foto: IG@smindrawati)
Menkeu Sri Mulyani Indrawati saat mengucapkan Selamat Hari Kartini pada petugas medis yang sedang bertugas di masa pandemi Corona. (Foto: IG@smindrawati)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak publik untuk meneladani semangat Kartini di tengah pandemi corona Covid-19.

Lewat akun Instagramnya @smindrawati mengapresiasi kerja para tenaga medis yang berada di garis terdepan melawan pandemi global ini.

Sri Mul mengucapkan selamat Hari Kartini melalui dua slide video singkat. Awalnya, dia mengajak seluruh komponen menjadi pahlawan kemanusiaan. Meski dengan hanya berada di dalam rumah.

"Seperti Kartini, tidak seharusnya dinding-dinding rumah menghalangi kita peduli kepada sesama manusia," kata Sri Mul yang nampak anggun berbalut kebaya putih dan bawahan kain batik cokelat ini dalam video, Selasa (21/4).

Baca juga : TNI AD Terima 2.400 Botol Madu untuk Petugas Medis RSPAD Gatot Soebroto

Dia menyampaikan, satu abad lalu, RA Kartini dipingit di dalam rumah karena aturan adat, sosial dan budaya kala itu. Namun, rintangan itu tidak menghalangi Kartini tetap bekerja, berkarya, dan menyuarakan kepeduliannya terhadap kemanusiaan.

Semangat Kartini, lanjut Sri Mul, diharapkan menjadi contoh bagi bangsa Indonesia untuk bersama melawan Covid-19. 'Sang Pencipta mengharapkan umat manusia untuk bisa menjadi umat yang selalu peduli kepada sesama manusia dan menjaga alam semesta. Sudahkah kita semua peduli?" tandas Sri Mul.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu berharap, dengan tetap berada di dalam rumah, masyarakat  membantu pemerintah dan sesama terutama petugas medis untuk melawan Covid-19 dan memutus penyebaran penyakit tersebut.

"Membantu para pekerja medis, dokter, perawat dan pegawai rumah sakit yang saat ini menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan manusia dari ancaman Covid-19. 

Baca juga : BTN Sumbang Alat Medis Untuk Tangani Corona

Ucapan terima kasih dan penghargaan pun tidak akan mampu menembus jasa pekerja medis yang dinilai sebagai pahlawan kemanusiaan tersebut. Selamat memperingati semangat Hari Kartini, semoga anda semua, kita semua, bisa menjadi pahlawan kemanusiaan," ujar Sri Mul dengan latar video para petugas medis yang berjibaku di Rumah Sakit membantu para pasien Corona.

Sebagai caption unggahannya, Sri Mul juga menyampaikan, pentingnya tinggal di rumah karena Covid19 dan memuji peran para tenaga medis.

"Kita dapat mencontoh semangat Kartini - meski di rumah, you can always do good think for your family, your community and your country. Never try to find any excuses to do good things for others. Mereka yang bekerja siang malam menghadapi ancaman Covid19.

Di garis depan para tenaga medik dokter, perawat, pekerja rumah sakit - memiliki tugas mulia menyelamatkan jiwa manusia dengan resiko jiwa raga mereka sendiri.

Baca juga : Baznas Biayai Asuransi 17.000 Relawan Corona

Ucapan Terimakasih dan penghargaan tidak akan mampu menebus jasa besar mereka yang telah membaktikan dirinya untuk menolong dan menyelamatkan nasib sesama manusia," tulisnya.

Hingga berita ini diturunkan, unggahan Sri Mul disukai lebih dari 12 ribu warganet. Ratusan warganet juga mengucapkan Selamat Hari Kartini kepada Sri Mul.

"Selamat Hari Kartini Ibu @smindrawati. Sehat dan tetap semangat memberi yang terbaik buat bangsa tercinta," tulis pemilik akun @kel.a.jonathan serupa dengan @chisadella. "Ibu Sri Mulyani adalah Kartini masa kini. Selamat Hari Kartini untuk kita semua perempuan Indonesia. Habis gelap, terbitlah terang." [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.