Dark/Light Mode

Baznas Biayai Asuransi 17.000 Relawan Corona

Rabu, 8 April 2020 23:20 WIB
Relawan penanganan corona. (Foto: ist)
Relawan penanganan corona. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) membantu perlindungan bagi relawan yang tengah berjuang dalam penanganan corona (covid-19). Bantuan disalurkan dalam bentuk  biaya premi asuransi jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian BPJamsostek untuk 17000 relawan. Mereka terdiri dari relawan medis, dan relawan non medis.

Kepala Divisi Pendistribusian Baznas, Ahmad Fikri mengatakan, profesi relawan dalam percepatan penanggulangan corona tidaklah mudah dan cukup beresiko. Untuk itu dibutuhkan perlindungan terkait dengan tugas para relawan yang dengan sukarela berjuang untuk masyarakat menghadapi pandemi ini.

“Bantuan biaya premi asuransi ini adalah bentuk dukungan Baznas untuk Relawan Gugus Tugas Covid-19. Mereka yang terdaftar akan otomatis untuk mendapatkan asuransi ini. Dengan perlindungan asuransi, diharapkan para relawan tidak akan terbebani dalam menjalankan tugasnya sebagai bagian dari ujung tombak penanganan Covid-19,” jelas Fikri, Rabu (8/4).  

Baca juga : Dana PON Alihkan Saja untuk Penanganan Corona

Terpisah, Direktur Utama Baznas, M Arifin Purwakananta mengatakan, program ini bagian dari kontribusi Baznas dalam melindungi para relawan yang terdata dan bertugas selama penanganan krisis corona.  

Terdapat dua program bantuan yang diberikan Baznas, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian. Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan tim Gugus Tugas dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan penanggulangan corona. “Baznas juga siap bersinergi dengan para relawan dalam menjalankan aksi pencegahan penyebaran Covid-19,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Gugus Tugas, Andre Rahadian menyampaikan, apresiasinya atas bantuan asuransi yang diberikan oleh Baznas. 

Baca juga : Ini Arahan Presiden Soal Penanganan Corona

“Alhamdulillah para relawan juga akan dilindungi oleh asuransi melalui BPJamsostek dimana preminya merupakan bantuan dari Baznas yang menyalurkan infak dari masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Menurut dia, sebagai koordinator relawan, tugasnya adalah memberi perlindungan yang terbaik kepada relawan yang sudah mau bergabung memberikan waktu dan tenaganya lebih dari yang seharusnya.  “Selain melalui training, pemberian pelindung fisik pada saat kelapangan seperti Alat Pelindung Diri (APD), kami sangat terbantu BAZNAS dapat memfasilitasi kebutuhan asuransi yang sangat penting untuk relawan,” tuturnya.  

Bantuan infak biaya asuransi ini merupakan hasil dari penggalangan dana yang dilakukan oleh Baznas bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) yang telah terjalin sebelumnya, dalam upaya membantu perlindungan bagi para pekerja rentan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.