Dark/Light Mode

Belva Devara, CEO Ruangguru

Mundur Dari Stafsus, Proyeknya Jalan Terus

Rabu, 22 April 2020 08:09 WIB
Belva Devara, CEO Ruangguru Mundur Dari Stafsus, Proyeknya Jalan Terus

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah dikritik habis-habisan, Stafsus Milenial Presiden Jokowi, Adamas Belva Syah Devara akhirnya mengundurkan diri.

Keputusan Bos Ruangguru itu mendapat apresiasi. Namun, ada juga yang mempertanyakan proyek Ruangguru di Kartu Prakerja senilai Rp 5,6 triliun, apakah tetap jalan terus?

Pelomik yang membelit Belva muncul sejak awal pekan kemarin. CEO Ruangguru itu disorot lantaran memiliki konflik kepentingan terkait program Kartu Prakerja.

Untuk diketahui, mitra program Kartu Prakerja adalah Skill Academy yang tak lain adalah anak usaha Ruangguru. Awalnya, Belva masih mengeles. Dia bilang, sama sekali tak pernah mengikuti rapat soal program Kartu Prakerja. Program tersebut diurus Kemenko Perekonomian.

Namun kritikan terus berdatangan, baik di dunia nyata maupun dunia maya. Setelah terus-terusan dikritik, Belva akhirnya menyerah. Kemarin, dia mengajukan permohonan pengunduran diri sebagai stafsus milenial presiden.

Baca juga : Bos Ruangguru Mundur Dari Stafsus Presiden

“Ya, Saya mengambil keputusan yang berat ini karena saya tidak ingin polemik mengenai asumsi atau persepsi publik yang bervariasi tentang posisi saya sebagai Staf Khusus Presiden menjadi berkepanjangan, yang dapat mengakibatkan terpecahnya konsentrasi Presiden dan seluruh jajaran pemerintahan dalam menghadapi masalah pandemi Covid-19,” tulis Belva dalam surat yang diposting di akun Instagramnya @belvadevara, kemarin.

Di awal surat terbukanya, Belva berharap di masa pandemi, masyarakat diberikan kesehatan dan kekuatan dari Allah yang Maha Penyayang.⁣

Belva mengakui, pengunduran diri telah di￾sampaikan dalam bentuk surat kepada Jokowi tertanggal 15 April 2020, dan disampaikan langsung ke Jokowi 17 April 2020.

Diterangkan Belva, seperti yang telah dijelaskan oleh Kemenko Perekonomian dan Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja (PMO), proses verifikasi semua mitra Kartu Prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku, dan tidak ada keterlibatan yang memunculkan konflik kepentingan.

Pemilihan pun dilakukan langsung oleh peserta pemegang Kartu Prakerja.⁣ “Saya berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah memahami dan menerima pengunduran diri saya,” ujarnya.

Baca juga : Staf Khusus Presiden Jadi Beban Presiden

Meskipun singkat, lanjut Belva, banyak pengalaman dan pelajaran yang dia dapatkan dari pekerjaannya sebagai Stafsus Presiden.

Seskab, Pramono Anung membenarkan surat pengunduran diri Belva tersebut. Dia bilang, Jokowi sudah menerima pengunduran diri Belva dan memahami alasan pengunduran dirinya itu.

Dari awal, kata dia, Jokowi menginginkan anak-anak muda yang berpotensi seperti Belva bergabung dalam pemerintahan. “Sehingga bisa berkontribusi dengan gagasan-gagasan inovatif, kreatif sekaligus memberikan ruang belajar bagi anak muda terkait tata kelola peme￾rintahan,” ujarnya.

Terkait keikutsertaan Ruangguru dalam Kartu Prakerja, kata dia, seperti sudah dijelaskan oleh Menko Per￾ekonomian Airlangga Hartarto, proses verifikasi mitra prakerja sudah berjalan sesuai aturan yang berlaku.

Hingga tadi malam, postingan mundur Belva telah disukai lebih dari 44 ribu warganet. Salah satu yang menyukainya bahkan akun resmi Presiden Jokowi @ jokowi. Belva pun banjir pujian dari netizen.

Baca juga : PSBB Berlaku Jumat, Angkutan Umum Pangkas Kapasitas Penumpang dan Jam Operasi

“Ini baru namanya kesatria berjiwa besar,” tulis netizen berakun @alam. silitonga diamini @saefulanamm. “Sangat berjiwa besar.”

@GusUmarHsb menyampaikan hal serupa. Keputusan mundur dinilainya sebagai sikap ksatria. “Saran saya semoga proyek Kartu Pra kerja yang bernilai triliunan rupiah ditolak ya, Dek. Biar duitnya jadi BLT,” kicaunya.

Akun @Panca66 juga mempertanyakan nasib proyek Ruangguru di program kartu prakerja. “Proyeknya jalan terus gak tuh?,” cuitnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.