Dark/Light Mode

Harry Mundur Dari Kerajaan, Istana Bereaksi

Kamis, 9 Januari 2020 16:26 WIB
Harry, Archie dan Meghan Markle ingin pindah ke Kanada. (Foto Shutterstock)
Harry, Archie dan Meghan Markle ingin pindah ke Kanada. (Foto Shutterstock)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengumuman mundur Pangeran Harry dan istrinya, Meghan Markle dalam tugas sebagai anggota senior keluarga Kerajaan Inggris, mengagetkan. Mereka berencana pindah ke Amerika Utara. Seperti dilansir dari TMZ, menurut teman-temannya, keluarga Harry akan pindah ke Kanada, Amerika utara. Negara itu merupakan tempat Markle tumbuh.

Di Kanada, sang aktris juga memfilmkan serial 'Suits' dan ia memiliki sebuah rumah. Dengan meninggalkan tugas sebagai anggota senior kerajaan, Harry dan Meghan tidak akan lagi menjalani berbagai kegiatan kerajaan.

Tak lama setelah pengumuman itu, pada Rabu (8/1), kerajaan merespons. Menurut pernyataan Istana Buckingham, situasinya rumit. Dilansir CNN, Harry dan Meghan tidak berkonsultasi dengan anggota keluarga kerajaan lain tentang keputusan mereka. Dikatakan ada suasana kekecewaan yang mendalam di istana setelah pengumuman tersebut. Anggota senior keluarga terluka karena berita tersebut.

Baca juga : Mundur Dari Tugas Kerajaan, Harry Siap Biayai Hidup Sendiri

“Diskusi dengan Duke dan Duchess of Sussex berada pada tahap awal,” kata pernyataan Istana Buckingham.

“Kami memahami keinginan mereka untuk mengambil pendekatan yang berbeda, tetapi ini adalah masalah rumit yang akan membutuhkan waktu untuk diselesaikan,” pernyataan itu lagi.

Seperti diketahui, pasangan itu menikah pada Mei 2018 dalam upacara mewah di Kastil Windsor, barat London, dan tahun lalu Meghan melahirkan anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor, yang tidak menerima gelar kerajaan. Pangeran Harry berada di urutan keenam di bawah tahta Inggris.

Baca juga : Projo Dukung Erick Lanjutkan Bersih-bersih BUMN

“Kami sepenuhnya tetap mendukung Yang Mulia Ratu,” kata pasangan itu dalam sebuah pernyataan di Instagram @sussexroyal seperti dilansir dari Al Jazeera, Kamis (9/1).

Keputusan itu sudah dipikirkan mereka selama beberapa bulan terakhir. “Setelah berbulan-bulan refleksi dan diskusi internal, kami memilih untuk melakukan transisi tahun ini,” tulis mereka di Instagram.

“Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior dari Keluarga Kerajaan dan bekerja untuk menjadi mandiri secara finansial, sambil terus sepenuhnya mendukung Yang Mulia Ratu,” kata mereka. 

Baca juga : Liverpool Muda Pecundangi Everton, West Ham Perkasa

Pengumuman itu dapat menunjukkan, pasangan itu sekarang akan memiliki kehidupan pribadi yang selalu mereka perjuangkan. Dalam posting media sosial, pasangan itu mengungkapkan mereka berencana untuk membagi waktu mereka antara Inggris dan Amerika Utara. Sehingga menjadi keputusan yang dianggap tepat untuk putra mereka, Archie.

“Keseimbangan geografis ini akan memungkinkan kami untuk membesarkan putra kami dengan penghargaan atas tradisi kerajaan, sementara juga memberi keluarga kami ruang untuk fokus pada bab berikutnya, termasuk peluncuran entitas amal baru kami, “tulis mereka.

“Terima kasih atas dukungan Anda,” jelasnya. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.